IBL

Philadelphia 76ers harus gigit jari setelah kehilangan Nemanja Bjelica yang urung bergabung. Kehilangan Bjelica yang diharapkan mampu berperan sebagai “stretch four” dengan kemampuan menembak tripoinnya. Kehilangan Bjelica berarti menyisakan semakin sedikit pilihan bagi kepala pelatih Sixers, Brett Brown untuk opsi penembak jitu.

Tercatat hanya J.J Redick yang memiliki posisi asli sebagai garda kedua (shooting guard) sekaligus penembak jitu. Musim lalu, Sixers mengakusisi Marco Bellineli dan Ersan Ilyasova jelang penutupan masa pertukaran karena menyadari kelemahan mereka di sekor tersebut. Sixers tercatat “hanya” berada di peringkat sepuluh pemilik akurasi tripoin terbaik di angka 36,9 persen. Sebenarnya secara keseluruhan ada beberapa pemain Sixers yang kerap mencoba tembakan tiga angka. Pemain-pemain seperti Dario Saric, Robert Covington, dan Joel Embiid cukup rajin melepaskan tripoin. Sayangnya, akurasi ketiganya tak ada yang menyentuh 40 persen. Sementara Redick menjadi satu-satunya pemain Sixers yang akurasinya lebih dari 40 persen dengan 42 persen.

Deretan fakta di atas membuat Sixers tertarik memboyong satu orang penembak jitu. Dilansir oleh Philadelphia Inquirer, target utama dan satu-satunya Sixers adalah penembak jitu Cleveland Cavaliers, Kyle Korver. Sumber yang sama menyebutkan bahwa Sixers berniat untuk menukar garda mereka, Jerryd  Bayless demi Korver. Bayless sendiri perannya makin berkurang seiring keberadaan deretan garda berusia muda Sixers, Ben Simmons dan Markelle Fultz. Keduanya menjadi tumpuan utama Brown dalam membangun serangan. Tercatat, Bayless hanya bermain 39 kali musim lalu dengan torehan 7,9 poin dan 2,1 rebound. Akurasi tiga angka Bayless menyentuh angka 37 persen. Sementara Korver musim lalu bermain 74 kali bagi Cavaliers dengan rataan 9,2 poin dan 2,3 rebound. Akurasi tripoinnya mencapai 43 persen, lebih tinggi dari Redick.

Jika Sixers benar-benar merekrut Korver, ini akan menjadi kesempatan kedua bagi dua belah pihak kembali bersama. Korver pernah membela Sixers sebelumnya, bahkan Sixers adalah tim pertama Korver di NBA. Meski tercatat terpilih di urutan ke-51 NBA Draft 2003 oleh New Jersey Nets (kini Brooklyn Nets), Korver langsung ditukar ke Sixers dan sama sekali tak pernah bermain untuk Nets. Total ia bermain lima musim bersama Sixers sebelum akhirnya berkelana ke empat tim lainnya.

Foto: ESPN

 

Komentar