IBL

K.J. McDaniels, garda Grand Rapids Drive (G League), tampil  bersama Portland Trail Blazers di NBA Summer League 2018. Pada kesempatan itu, ia pun menunjukkan kemampuannya dengan membawa Blazers menjuarai Summer League.

Blazers menumbangkan Los Angeles Lakers di final dengan skor 91-73 di Thomas & Mack Center, Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat, Selasa 17 Juli 2018 waktu setempat.

Di pertandingan ini, McDaniels menjadi pencetak angka terbanyak. Ia mencetak 17 poin dengan persentase field goal mencapai 57,1 persen plus 7 rebound. Performanya hari ini lantas membuatnya menjadi pemain terbaik di final.

Pemain lainnya; Wade Baldwin IV, Gary Trent Jr., dan John Jenkins lalu menambahkan masing-masing 14, 12, dan 11 poin. Jake Layman dan Archie Goodwin sama-sama mencetak 10 poin untuk Blazers.

Saat pertandingan berlangsung, kemenangan Blazers sudah tampak sejak kuarter pertama. McDaniels dkk. berhasil mengungguli Lakers dengan skor lebar 31-19. Lakers tampak tumpul dengan serangan-serangan mereka yang bertumpu pada Josh Hart.

Blazers pun menjaga asa di kuarter-kuarter berikutnya tanpa pernah tertinggal. Mereka bahkan sempat unggul 24 poin sebelum menutup pertandingan dengan margin 18 poin (91-73).

Kemenangan Blazers terjadi—salah satunya—karena mereka bisa memanfaatkan pemain lebih merata. Buktinya, enam pemain mereka mampu mencetak dobel digit angka sementara Lakers mengandalakan Josh Hart.

Hart menjadi pencetak angka terbanyak dengan 12 poin meski persentase tembakannya hanya 25 persen. Namun, karena penampilan baiknya selama Summer League, Hart mendapat gelar NBA Summer League MVP. Ia pun sukses menjadi pemain Lakers kedua dalam dua musim beruntun yang mendapat gelar tersebut setelah Lonzo Ball meraihnya musim lalu.

Jeff Ayres (11) dan Svi Mykhailiuk (10) lalu menjadi pemain Lakers lainnya yang mencetak dobel digit angka.

Dari segi akurasi, Blazers juga unggul. Persentase tembakan mereka mencapai 49,4 persen sementara Lakers hanya 39,1. Lakers gagal memanfaatkan kesempatan karena Blazers tampak mengetatkan pertahan mereka sejak kuarter pertama. Belum lagi serangan-serangan Blazers lewat McDaniels juga menjadi salah satu senjata ampuh yang menumbangkan tim asal Los Angeles tersebut.

McDaniels menjadi momok mengerikan yang membuat Lakers menyerah dengan margin lebar. Dengan demikian, Blazers pun mengangkat piala juara.

Foto: NBA

Komentar