IBL

Los Angeles Lakers melakoni lanjutan laga NBA dengan menjamu Indiana Pacers, Kamis malam, 29 November 2018, waktu setempat. Berstatus tuan rumah di Staples Center, Los Angeles, California, Amerika Serikat, Lakers tak sekalipun menutup kuarter dalam keadaan tertinggal. Meski Pacers sempat beberapa kali berusaha mendekat, Lakers tetap berhasil menjaga keunggulan dan menutup laga dengan kemenangan 104-96.

LeBron James menjadi bintang kemenangan Lakers di laga ini usai mengemas 38 poin, 9 rebound, dan 7 asis, dengan akurasi keseluruhan mencapai 55 persen. Catatan  38 poin ini menempatkan James sekali lagi ke dalam buku sejarah NBA. Ini menjadi kali ke-436 James mencatatkan 30 poin atau lebih.

Jumlah tersebut membawa James menjadi pemain ketiga dengan catatan 30 poin atau lebih terbanyak di NBA. Ia berhasil menggeser legenda Utah Jazz yang juga pernah bermain untuk Lakers, Karl Malone, yang mencatatkan hal serupa sebanyak 435 kali. Dua pemain di atas James adalah Wilt Chamberlain (515) dan Michael Jordan (562).

Kemenangan ini sendiri berarti menghentikan catatan buruk Lakers yang selalu kalah dalam dua laga terakhir. Kini, tim asuhan Luke Walton tersebut memiliki rekor menang-kalah (12-9) dan bertengger di peringkat tujuh klasemen sementara Wilayah Barat.

Sebaliknya, kekalahan ini berarti menghentikan catatan positif Pacers yang selalu menang dalam dua laga terakhirnya. Pacers sendiri kini bertengger di peringkat sembilan klasemen sementara Wilayah Timur dengan 13 kemenangan dari 22 laga. Di sisi lain, ini menjadi kekalahan ketiga Pacers dalam enam laga tanpa kehadiran bintang mereka, Victor Oladipo. Oladipo harus absen lantaran menderita cedera pada lututnya.

Selain James, ada empat pemain Lakers lain yang mencetak dua digit angka. Brandon Ingram menjadi yang terbanyak di antara empat pemain tersebut dengan 14 poin dan 3 asis. Kyle Kuzma menyusul dengan 11 poin dan 9 rebound. Josh Hart dan Kentavous Caldwell-Pope yang memulai laga dari bangku cadangan melengkapi daftar dengan masing-masing mengemas 13 dan 11 poin.

Setali tiga uang, lima pemain Pacers juga mencetak angka dengan digit ganda, tapi hanya dua yang berstatus sebagai pemain utama (starter). Top skor Pacers di laga ini datang dari bangku cadangan usai Domantas Sabonis mengemas dobel-dobel, 20 poin dan 15 rebound. Bojan Bogdanovic menyusul dengan 14 poin sementara Thaddeus Young mencatatkan 11 poin, 5 rebound, dan 5 steal. Cory Joseph dan Doug McDermott melengkapi daftar dengan sama-sama membukukan 10 poin.

Lakers masih akan bermain di kandang dalam tiga laga ke depan. Terdekat, Lakers akan menghadapi Dallas Mavericks, esok hari. Sementara Pacers masih akan berstatus tamu di laga selanjutnya dengan berkunjung ke markas tetangga Lakers, Sacramento Kings, lusa, waktu setempat. (DRMK)

Foto: Twitter, @Lakers

 

Komentar