IBL

Melalui lini Nike Basketball, perusahaan asal Oregon tersebut menghadirkan berbagai macam sepatu basket. Diantara seluruh pilihan, edisi Hyperdunk jadi salah satu yang diminati. Sepatu ini terbukti telah digunakan berbagai pebasket NBA dan dunia. Tidak hanya itu, pamornya semakin meninggi setelah Virgil Abloh mendekonstruksinya untuk koleksi kolaborasi The Ten. Tidak terasa, sepatu ini telah berusia 10 tahun. Oleh karena itu, Nike merilis Hyperdunk edisi ke-10 sebagai bentuk perayaan.

Sepatu ini menggunakan bahan atas yang terbuat dari nilon yang dianyam. Pada bagian atas, Nike memasang nilon yang berguna untuk ventilasi udara. Selain itu, Hyperdunk X menggunakan struktur temali yang menyerupai Air Jordan 11. Struktur tersebut menjanjikan kerapatan serta kenyamanan saat digunakan.

Nike Hyperdunk X 2018 Triple White.

Nike Hyperdunk X 2018 "Kay Yow"

 

Sedangkan bagian sol, Hyperdunk konsisten menggunakan bantalan Zoom. Bantalan ini sama seperti yang diterapkan pada sepatu Kevin Durant dan LeBron James. Motif herringbone jadi pilihan untuk meningkatkan traksi terhadap lapangan. Pada bagian samping, Nike membuat sebuah panel terbuat dari karet. Panel tersebut bermanfaat untuk mengamankan kaki dari benturan. Penggunaan panel di bagian samping itu juga mengantisipasi gerakan kaki ketika bermanuver yang jadi penyebab cedera terutama ankle.

Nike Hyperdunk pertama kali diperkenalkan pada 2008 sebagai varian sepatu basket berperforma apik. Sepatu ini terinspirasi dari Nike Air Huarache 2k4 dan Nike Air Huarache 2k5. Perilisan sepatu ini berdekatan dengan Nike Zoom Kobe III oleh karena itu Nike menunjuk Kobe Bryant sebagai bintang iklan sekaligus duta pertama.

Bukti bahwa Hyperdunk adalah sepatu basket yang nyaman bisa dilihat dari para bintang NBA yang menggunakannya. Kobe Bryant, Chris Bosh, Dirk Nowitzki, LeBron James, Kyrie Irving hingga Blake Griffin. Walau ditampilkan oleh para pebasket NBA, Hyperdunk juga terkenal sebagai sepatu basket yang nyaman digunakan di luar ruang.

Kesembilan edisi Hyperdunk selalu dirilis antara bulan Juni-Juli. Oleh karena itu, ketika Nike mengumumkan perilisan Hyperdunk X, para penggila basket bisa menebak kapan perilisan sepatu ini. Nike Hyperdunk X dirilis global pada 20 Juli 2018 dengan harga retail AS$130. Telah tersedia 10 varian warna, salah satunya adalah hitam-merah muda hasil kerja sama dengan yayasan Kay Yow.

 

Foto: Nike Basketball

Komentar