IBL

Daya magis Chris Paul belum berakhir. Bersama James Harden, ia membawa Houston Rockets mencetak rekor 17 kemenangan beruntun musim ini. Walau sudah tidak masuk jajaran NBA All-Star sejak 2017, Paul masih dianggap aset berharga bagi Air Jordan. Buktinya, merek basket di bawah naungan Nike tersebut baru saja merilis sepatu edisi ke-11 bagi Chris Paul.

Sepatu terbaru ini selain sebagai bentuk dukungan pada Chris Paul, juga untuk meramaikan NBA Playoff 2018. Namun, Paul telah menggunakannya pertama kali di laga Houston Rockets lawan Portland Trailblazers kemarin, Selasa 21 Maret 2018.

Secara konstruksi, sepatu ini terinspirasi dari sepatu favorit Chris Paul semasa muda. “Ketika SMP, saya dan kakak menabung demi sepatu basket yang kami sukai, Nike Adjust Force. Uang kami hanya cukup beli sepasang sehingga kami menggunakannya bergantian. Sepatu tersebut memiliki tali tambahan Velcro di atasnya. Kami sangat menyukainya,” ujarnya dilansir dari Nike News.

Duet James Harden (kiri) dan Chris Paul (kanan) jadi andalan Houston Rockets musim 2017-2018 untuk mendulang kemenangan serta mencetak berbagai rekor gemilang.

 

Paul juga menyebutkan nama Steve Nash sebagai inspirasi pembuatan sepatu terbarunya. “Waktu itu, saya menonton Steve Nash bermain basket menggunakan Nike Air Jet Flight. Sepatu itu juga punya tali tambahan Velcro di atasnya. Saya sangat terobsesi dengan sepatu semacam itu,” imbuh Paul. Untuk itu, ia ingin menempatkan fitur tali tambahan Velcro pada CP3 XI.

Untuk bagian sol, Nike memodifikasi ulang bagian tersebut untuk traksi lebih baik. Sol di bagian ujung depan dibuat lebih tebal. Selain itu, ukiran herringbone dibuat mengikuti arah manuver yang biasa dilakukan Paul di lapangan. Sementara teknologi Zoom Air dibuat lebih tebal dari seri-seri sebelumnya untuk menambahkan kenyamanan ketika mendarat dari lompatan.

Selain itu, Nike menambahkan TPU (Thermoplastic Polyutherane) yang terletak di antara lapisan sol Zoom Air dan karet sol. Fitur ini bermanfaat untuk menambah resapan gaya tekan ke bawah saat mendarat.

Sedangkan dari segi warna, Paul ingin warna yang punya cerita dengannya. Maka dari itu, dipilihlah warna merah hitam, warna khas Kota Houston. Ditambah pula sebuah ornamen menyerupai tanda pangkat untuk menghormati mendiang kakek Chris Paul. Ornamen tersebut tersemat dibawah lidah serta terlindung oleh tali tambahan Velcro di atasnya.

Sebagai pemain yang sudah 13 tahun bermain untuk NBA, Chris Paul dianggap telah memahami kebutuhan pebasket di level tertinggi itu. Pemahaman itu kemudian menjadi dasar pembuatan sepatu ini. “Kini semua tentang kecepatan dan traksi. Sepatu ini mengakomodasi kebutuhan tersebut,” pungkasnya.

Jordan CP3 XI “Rocket Fuel” rencananya akan dirilis secara masal pada April 2018.

Foto: Nike, NBA

Komentar