IBL

Phoenix Suns belum ingin menghentikan pergerakan mereka jelang jeda musim baru NBA. Setelah memastikan memiliki kepala pelatih baru dalam sosok Igor Kokoskov, Suns juga berhasil menggaet asisten pelatih berpengalaman, Joe Prunty. Selain itu, Suns dikaitkan dengan pergerakan mencari pemain baru di pasar pemain bebas (free agent) dan NBA Draft 2018. Untuk pemain bebas, Suns sempat dikaitkan dengan DeMarcus Cousins, tapi rumor sedikit mereda jelang akhir musim. Mereka lantas dikaitkan dengan senter Houston Rockets, Clint Capela, yang akan berstatus pemain bebas pada 1 Juli 2018. 

Di NBA Draft 2018, Suns mendapatkan keuntungan setelah mendapatkan hak memilih pertama secara keseluruhan. Hal tersebut membuat Suns terus dikatikan dengan dua pemain terbaik di daftar peserta draft, Deandre Ayton dan Luka Doncic. Nama yang pertama disebut sudah melakukan serangkaian latihan bersama Suns dan percaya diri akan dipilih. Sementara nama kedua belum mengungkapkan kejelasan terkait masa depannya. Doncic dikabarkan beberapa media masih berpikir ulang mengikuti NBA Draft yang digelar 21 Juni 2018. 

Untuk gelaran NBA Draft, Bleacher Report baru saja mengabarkan niat Suns untuk melakukan pergerakan baru. Jonathan Wasserman, kontibutor Bleacher Report, mengungkapkan Suns sedang menjajaki kemungkinan untuk mendapatkan Trae Young. Suns kini sudah memiliki dua hak memilih pada putaran pertama NBA Draft. Satu hak di urutan pertama dan satu lagi di urutan ke-16. Dengan ketertarikan terhadap Young, Suns diprediksi akan melakukan pertukaran untuk dapat menaikkan hak memilih ke-16 menjadi ke deretan 10 besar. Hal ini dilakukan mengingat Young dinilai banyak pencari bakat tak akan terpilih di luar urutan 10 besar. 

Pertanyaan selanjutnya adalah apa yang mampu disediakan Suns untuk menaikkan urutan memilih mereka? Hanya hak memilih di urutan ke-16 jelas tak akan cukup untuk menggoda tim-tim seperti Dallas Mavericks, Orlando Magic, Chicago Bulls, Cleveland Cavaliers dan New York Knicks yang memiliki hak memilih dari urutan 5-9. Suns diprediksi akan merelakan pemainnya masuk dalam paket pertukaran. Pemain seperti Devin Booker dan Josh Jackson hampir pasti tak akan masuk dalam paket tersebut. Keduanya digadang-gadang menjadi pusat permainan Suns hingga beberapa musim ke depan. Pemain-pemain seperti T.J. Warren, Marquesee Chriss, dan Dragan Bender disebut memiliki peluang tertinggi untuk masuk dalam paket tersebut. 

Di sisi lain, bila Suns benar-benar akan memiliki Ayton dan Young, maka komposisi mereka akan menarik. Young, Booker, Jackson, dan Ayton akan menjadi barisan pemain yang layak ditunggu aksinya. Belum lagi bila mereka mampu mendaratkan pemain bebas lainnya untuk posisi forwarda atau senter, maka tim ini akan semakin menarik. Tim dengan materi pemain berusia muda yang memiliki ketangkasan di atas rata-rata ini bisa saja berkembang menjadi Philadelphia 76ers baru musim depan. 

 

Foto: Getty Images

Komentar