IBL

Laga pramusim NBA kembali berlanjut Senin malam, 1 Oktober 2018, waktu setempat. Seperti yang sudah dijelaskan pada artikel kemarin, laga pramusim NBA digelar sejak 28 September dan berakhir pada 12 Oktober, empat hari sebelum musim reguler dimulai.

Memasuki hari keempat penyelenggaraannya, NBA menyajikan empat pertandingan yang seluruhnya dimainkan oleh tim NBA. Di tiga hari sebelumnya, selalu ada tim di luar NBA yang turut bertanding. Tim-tim tersebut datang dari dua liga, Chinese Basketball Association (CBA) dan National Basketball League Australia.

Di keempat laga yang digelar hari ini, seluruh laga diwarnai kehadiran pemain-pemain yang terpilih di urutan 10 besar NBA Draft 2018. Total ada enam ruki yang terpilih di 10 urutan pertama yang  menjalani laga pertamanya sebagai pemain NBA hari ini.

Philadelphia 76ers (Sixers) mendapatkan kesempatan menjamu Orlando Magic di Wells Fargo Center, Philadelphia, Pennsylvania, Amerika Serikat. Laga ini menjadi kali pertama Mohammed Bamba turun sebagai pemain Magic. Pemain yang menggemparkan NBA Draft karena bentang tangannya yang luar biasa panjang ini turun dari bangku cadangan.

Bermain selama 17 menit, Bamba berhasil mencetak 12 poin, 3 rebound, dan 2 asis dengan akurasi keseluruhan mencapai 80 persen. Ia memasukkan 2/2 tripoin dan beberapa kali mendapatkan kesempatan berhadapan dengan senter andalan Sixers, Joel Embiid. Pun begitu, Sixers yang tampak serius dengan deretan pemain utama (starter) mereka masih terlalu tangguh bagi Magic dan memenangi laga dengan 120-114.

Meski bertajuk pramusim, tim-tim NBA ini sudah tampil sangat kompetitif dan serius. Laga antara New York Knicks dan Washington Wizards menjadi contohnya. Laga yang dimenangi Knicks 124-121 melalui babak tambahan waktu (overtime) ini juga diwarnai aksi ejected oleh wasit. Forwarda Wizards, Markieff Morris terlibat adu mulut dengan ruki Knicks, Mitchell Robinson. Perseteruan keduanya berbuah technical foul bagi masing-masing. Namun, Morris yang tampak sangat tersulut emosinya terus melakukan hal-hal yang membuat wasit memberikan technical foul kedua berujung pada ejected.

Kevin Knox, ruki yang dipilih Knciks di urutan sembilan NBA Draft 2018 turun sebagai starter pada laga ini.  Bermain 26 menit, alumnus University of Kentucky ini berhasil mengemas dobel-dobel 13 poin dan 10 rebound. Bintang Knicks, Kristaps Porzingis tidak tampil pada laga ini meski berada di bangku cadangan. Porzingis sendiri harus mengakhiri musim lalu lebih cepat setelah terkena cedera Anterior Cruciate Ligament (ACL).

Bergeser ke McCamish Pavilion, Atlanta, Georgia, Amerika Serikat, Atlanta Hawks berhadapan dengan New Orleans Pelicans. Pelicans yang kalah atas Chicago Bulls pada laga pramusim sebelumnya kembali harus menelan kekalahan usai Hawks menutup laga dengan skor 116-102.

Ruki Hawks, Trae Young tampil 20 menit pada laga ini. Bergantian dengan Jeremy Lin di posisi garda pertama (point guard) Young mengumpulkan 11 poin dan 8 asis dengan akurasi keseluruhan 31 persen. Young masih bermasalah menemukan sentuhannya di luar busur tripoin setelah hanya memasukkan 1/6 percobaannya.

Laga pramusim terakhir hari ini mempertemukan dua ruki yang terpilih di dua urutan teratas NBA Draft 2018, Deandre Ayton dan Marvin Bagley III. Keduanya mengawali laga dengan cara yang berbeda. Ayton langsung turun sebagai starter untuk Phoenix Suns sementara Bagley harus memulai laga dari bangku cadangan Sacramento Kings. Laga yang berlangsung sengit hingga satu menit terakhir ini akhirnya dimenangkan oleh Kings dengan skor 106-102.

Ayton yang total bermain 30 menit pada laga ini berhasil menjadi top skor pertandingan dengan nyaris dobel-dobel 24 poin dan 9 rebound plus 3 blok. Ayton memasukkan 9/16 tembakan yang setara dengan 56 persen dari tembakan jarak dekat hingga menengah. Ia sama sekali tak melakukan tembakan tripoin.

Selain Ayton, Suns juga menurunkan dua ruki lainnya, Mikal Bridges dan Elie Okobo. Bridges hanya bermain selama 12 menit dan terlibat banyak dalam permainan. Pemain yang dipilih pada urutan kesepuluh NBA Draft 2018 ini hanya melepaskan tiga tembakan yang sama sekali tak menemui sasaran dan merebut satu rebound.

Okobo yang berposisi point guard tampil selama 24 menit dan berhasil menyumbangkan 8 poin, 5 rebound, dan 3 asis dengan akurasi 27 persen. Penampilan Okobo yang cukup tenang dalam mendistribusikan bola pada laga ini bisa menjadi alternatif Suns yang belum menentukan pemain utama untuk posisi point guard. Selain Okobo, praktis hanya ada Shaquille Harrison dan Isaiah Canaan yang menempati posisi tersebut.

Di kubu Kings, Bagley yang bermain 25 menit menyumbangkan 7 poin dan 2 rebound. Bukan angka yang istimewa untuk pemain dengan predikat pilihan kedua NBA Draft. Selain Bagley, ada pula Harry Giles yang berstatus sebagai ruki. Giles sebenarnya masuk ke NBA musim lalu sebagai pilihan ke-20. Namun, ia gagal bermain satupun pertandingan setelah terkena cedera lutut. Bermain selama 23 menit, Giles tampil impresif dengan 14 poin dan 6 rebound.

Rangkuman di atas sedikit banyak memberikan gambaran tentang proses adaptasi para ruki dengan tim baru mereka. Ada yang langsung nyetel dan dipercaya oleh tim pelatih, ada pula yang masih butuh banyak kerja keras untuk mengamankan posisi utama di dalam tim. Waktu masih tersedia cukup untuk mereka sebelum musim baru dimulai.

Selasa, 2 Oktober 2018, waktu setempat akan ada enam laga pramusim yang digelar di berbagai penjuru Amerika Serikat. Celeveland Cavaliers, Houston Rockets, Memphis Grizzlies, dan Brooklyn Nets akan memainkan laga pramusim perdana mereka sementara delapan tim lainnya sudah memainkan laga pramusim kedua atau bahkan ketiga mereka.

Foto: tucson.com, NBA

 

 

Komentar