IBL

FNBA Draft 2018 akan digelar pada 21 Juni 2018. Klub-klub pun telah memastikan tempat mereka setelah NBA mengundinya minggu lalu. Para bakal calon pemain bahkan sudah berkumpul di ajang NBA Draft Combine 2018 untuk unjuk gigi. Beberapa pemain, seperti LiAngelo Ball yang tidak diundang NBA Draft Combine, akan mengikuti PBC Draft Combine 22-23 Mei mendatang. Sementara itu, media dengan panditnya masing-masing mulai membarui prediksi draft mereka.

Mainbasket mengumpulkan prediksi pandit dari media-media Amerika Serikat untuk membuat prediksi draft. Ada lima orang pandit atau media yang menjadi rujukan kami, di antaranya: Jonathan Wasserman (Bleacher Report), The Ringer, Jeremy Woo (Sports Illustrated), Ricky O’Donnell (SB Nation), dan Gary Parrish (CBS Sports).    

#1 Phoenix Suns

Luka Doncic

Posisi: Garda

Asal: Real Madrid/Slovenia

Usia: 19 tahun

Konsensus: 3/5

Luka Doncic, garda Real Madrid, baru saja merengkuh gelar juara EuroLeague 2018 setelah mengalahkan Fenerbahce di final. Dengan gelar juara itu, ia sekaligus mendapat gelar pemain terbaik EuroLeague dan pemain terbaik EuroLeague Final 4. Doncic digadang-gadang sebagai pemain paling berprospek di NBA Draft 2018. Namun, meski sudah mendeklarasikan diri akan mengikuti bursa pilih, sang garda belum memutuskan untuk benar-benar bermain di NBA.

Kemungkinan lain: DeAndre Ayton

#2 Sacramento Kings

DeAndre Ayton

Posisi: Forwarda, Senter  

Asal: University of Arizona

Usia: 19 tahun

Konsensus: 3/5

Bersama Luka Doncic, DeAndre Ayton menjadi buruan klub-klub dengan hak pilih teratas. Sebelum mendeklarasikan diri mengikuti NBA Draft 2018, Ayton bermain untuk Arizona Wildcats di NCAA. Sebagai forwarda-senter di turnamen antarkampus, ia memiliki fisik yang potensial dengan kemampuan menyerang dan bertahan sama baik (two-way player).   

Kemungkinan lain: Luka Doncic

#3 Atlanta Hawks

Jaren Jackson Jr.

Posisi: Forwarda, Senter

Asal: Michigan State

Usia: 18 tahun

Konsensus: 3/5

Jaren Jackson digadang-gadang sebagai pemain dengan mobilitas tinggi. Ia tidak hanya piawai bermain di dua wilayah (menyerang dan bertahan), tetapi juga memiliki fisik yang menjulang. Tingginya mencapai 211 sentimer dengan rentang lengan mencapai 213 sentimeter.  

Kemungkinan lain: Marvin Bagley III

#4 Memphis Grizzlies

Marvin Bagley III

Posisi: Forwarda

Asal: Duke University

Usia: 19 tahun

Konsensus: 2/5

Marvin Bagley Jr. sebenarnya merupakan mahasiswa baru di Duke University. Ia hanya tampil selama semusim dengan tim basket Blue Devil Duke. Namun, selama itu pula ia menyabet berbagai gelar yang membuatnya layak untuk terpilih di lima teratas NBA Draft 2018. Beberapa penghargaan yang pernah ia raih pada 2018 ini, di antaranya: Consensus First-team All-American, Pete Newell Bigman Award, ACC Player of the Year, First-team All-ACC, dan ACC Rookie of the Year.

Kemungkinan lain: Mohamed Bamba, Michael Porter Jr., Jaren Jackson

#5 Dallas Mavericks

Michael Porter J.

Posisi: Forwarda

Asal: University of Missouri

Usia: 19 tahun

Konsensus: 2/5

Michael Porter Jr. mendaku diri sebagai pemain terbaik di NBA Draft 2018 ini. Ia sesumbar bukan tanpa alasan, mengingat dirinya 12 bulan lalu merupakan pemain SMA terbaik di Amerika Serikat. Namun, sayangnya, ia harus melewatkan karirnya di NCAA musim reguler karena harus operasi punggung. Kendati demikian, ia tetap percaya diri untuk menyongsong NBA Draft tahun ini.   

Kemungkinan lain: Mohamed Bamba, Jaren Jackson

#6 Orlando Magic

Trae Young

Posisi: Garda

Asal: University of Oklahoma

Usia: 19 tahun

Konsensus: 3/5

Trae Young merupakan pemain yang fenomenal. Ia seorang diri berhasil membawa timnya, Oklahoma Sooners, melaju ke March Madness di Divisi I NCAA. Sayangnya, ia dan timnya harus berhenti di putaran pertama karena kalah dari Rhode Island. Namun, bagaimanapun, musim ini Young telah membuktikan kemampuannya untuk bisa main di NBA setelah membukukan rata-rata 27,4 poin, 8,7 asis, 3,9 rebound, dan 1,7 steal.

Kemungkinan lain: Marvin Bagley III, Wendell Carter Jr.

#7 Chicago Bulls

Mohamed Bamba

Posisi: Senter

Asal: University of Texas at Austin

Usia: 20 tahun

Konsensus: 2/5

Mohamed Bamba mengejutkan para pencari bakat dan media di NBA Draft Combine 2018 ketika mereka mengukur fisik Bamba. Kala itu, rentang lengannya mencapai 239 sentimeter; mengalahkan Rudy Gobert dengan rentang lengan terlebar di NBA (237 sentimeter). Dengan itu, ia membukukan rata-rata 12,9 poin, 10,5 rebound, dan 3,7 blok.

Kemungkinan lain: Mikal Bridges, Michael Porter Jr., Miles Bridges

#8 Cleveland Cavaliers

Beda Suara

Kemungkinan: Mikal Bridges, Trae Young, Shai Gilgeous-Alexander, Collin Sexton, Michael Porter Jr.

#9 New York Knicks

Wendell Carter Jr.

Posisi: Forwarda, Senter

Asal: Duke University

Usia: 19 tahun

Konsensus: 2/5

Wendel Carter Jr. merupakan power forward nomor satu di antara bintang SMA angkatan 2017. Dengan gelar itu, ia pun melanjutkan sekolahnya ke Duke University pada 2018 untuk bermain dengan tim basket Blue Devil Duke di bawah asuhan pelatih legendaris Mike Krzyzewski. Sebagai fowarda-senter, Pelatih K mendorongnya kemampuan Carter Jr. dengan memaksanya bermain pos (post play) dan mendulang angka di area sekitar ring. Selama satu musim itu, Carter Jr. meraih dua penghargaan: Second-team All-ACC dan ACC All-Freshmen Team.

Kemungkinan lain: Trae Young, Mikal Bridges, Miles Bridges

#10 Philadelphia 76ers

Mikal Bridges

Posisi: Forwarda, Garda

Asal: Villanova University

Usia: 21 tahun

Konsensus: 2/5

Mikal Bridges merupakan pemain yang berpengalaman. Ia telah bermain di kompetisi antarkampus selama tiga tahun dan memenangkan sedikitnya dua gelar juara NCAA (2016 dan 2018) bersama Villanova Wildcats. Dengan kemampuannya menjaga beberapa posisi, Bridges digadang-gadang cocok dengan tim seperti Philadelphia 76ers yang memilik pemain-pemain muda potensial.

Kemungkinan: Wendell Carter Jr., Miles Bridges, Lonnie Walker IV

Foto: NBA

Komentar