IBL

Nama Deandre Ayton terus mengisi halaman utama media-media basket sebagai salah satu pemain terbaik di NBA Draft 2018. Masa depan Ayton juga semakin sering diperbincangkan seiring semakin dekatnya gelaran NBA Draft 2018. Acara tahunan NBA tersebut akan digelar 21 Juni 2018 di Barclays Center, Brooklyn, New York, Amerika Serikat.

Ayton baru saja menjalani latihan bersama dengan Phoenix Suns, tim yang mendapatkan jatah memilih pertama. Latihan tersebut merupakan salah satu rangkaian acara NBA Draft sebelum ke malam pemilihan. Setelah menjalani latihan, Ayton menyempatkan diri menemui awak media dan menjawab beberapa pertanyaan.

“Saya tahu saya akan terpilih di urutan pertama,” jawab Ayton tentang pertanyaan keyakinannya terpilih pada urutan pertama. “Belum ada pihak Suns yang bicara tentang ini (terpilih di urutan pertama) kepada saya. Ini keyakinan saya, saya layak terpilih pertama karena saya terus bekerja keras,” lanjut Ayton menerangkan alasannya.

Bergabung bersama Suns dirasa banyak pihak menjadi pilihan yang tepat bagi Ayton. Meski lahir dan tumbuh di Bahamas, Ayton memutuskan pindah ke Phoenix, Arizona saat SMA. Pemuda 19 tahun tersebut juga mengungkapkan beberapa keluarganya kini tinggal di Phoenix. Ia juga menghabiskan satu tahun masa kuliahnya di University of Arizona, yang terletak di Tucson, satu negara bagian dengan Phoenix.

“Kalian semua tahu kedekatan saya dengan kota ini. Phoenix bisa dibilang rumah kedua bagi saya dan keluarga saya. Semua akan terasa komplet jika saya terpilih di urutan pertama dan bermain untuk tim kebanggan Phoenix,” imbuh Ayton.

Gayung bersambut, Suns juga mengungkapkan puas dengan hasil latihan bersama Ayton. Manajer umum Suns, Ryan McDonough, menerangkan latihan bersama Ayton berjalan baik dan sesuai harapan mereka. “Semua berjalan sesuai dengan harapan kami kepada Ayton. Kami sudah melihatnya saat berlaga bersama Arizona Wildcats (julukan University of Arizona), kami juga sudah memantaunya secara menyeluruh sepanjang musim. Dan yang ia tunjukkan pada latihan ini sudah memenuhi semua harapan kami.”

Ayton memang menjadi kandidat kuat terpilih di urutan pertama NBA Draft. Beberapa situs menyebutkan hanya Luka Doncic yang menjadi saingan terkuatnya. Tapi sekali lagi, memilih pemain pada NBA Draft tak melulu tentang talenta terbaik. Memenuhi kebutuhan tim juga menjadi pertimbangan dalam memilih. Apakah Suns membutuhkan Ayton?

Foto: USA Today

 

Komentar