IBL

New Orleans Pelicans harus menutup musim di bulan Mei. Setelah berhasil menyapu Portland Trail Blazers 4-0 di putaran pertama playoff, Pelicans harus takluk 1-4 oleh Golden State Warriors di semifinal wilayah. Akan tetapi, keberhasilan lolos hingga semifinal wilayah telah menjadi prestasi bagi Pelicans. Hasil tersebut merupakan hasil terbaik Pelicans sejak musim 2007-2008, kala masih bernama New Orleans Hornets. Kala itu, Hornets juga berhasil melaju hingga semifinal wilayah sebelum dikandaskan San Antonio Spurs dalam tujuh laga.

Keberhasilan tersebut makin dirasa spesial setelah Pelicans tampil tanpa DeMarcus Cousins sejak tengah musim reguler. Cousins harus menderita cedera otot achilles dan tak mampu melanjutkan sisa musim. Pun begitu, Pelicans tetap bertahan di tengah ketatnya persaingan Wilayah Barat dan berhasil mengakhiri musim sebagai peringkat keenam.

Prestasi Pelicans musim ini tidak lepas dari peran kepala pelatih mereka, Alvin Gentry. Menangani tim sejak 2015, Gentry perlahan-lahan membangun Pelicans sebagai salah satu kuda hitam Wilayah Barat. Tetap berpusat pada bintang mereka, Anthony Davis, Gentry merekrut pemain-pemain yang mampu membantu Davis dari segala sisi. Uniknya, beberapa di antaranya justru yang terkenal memiliki kepribadian bengal. Cousins, Rajon Rondo, hingga Nikola Mirotic terkenal dengan sifat bengal mereka tapi berhasil tampil padu di bawah asuhan Gentry.

 Segala fakta di atas membuat manajemen Pelicans tak ragu memberi Gentry kontrak baru. Kamis, 7 Juni 2018, waktu setempat, pria berusia 63 tahun tersebut resmi memperperpanjang kontrak selama dua tahun. Kontrak baru itu membuat Gentry akan bertahan hingga musim 2020-2021.

“Dia melakukan pekerjaan luar biasa bagi tim ini,” ujar manajer umum Pelicnas, Dell Demps. “Saat kami mengalami beberapa kesulitan, Gentry dan tim pelatihnya terus mengupayakan segala cara untuk menempatkan tim ini meraih kesuksesan,” imbuh Demps.

“Manajemen dan pemilik menyediakan banyak sumber daya bagi saya untuk meramu tim ini menjadi lebih baik dan bisa bersaing di level tertinggi. Saya sangat bersemangat menatap musim-musim selanjutnya bersama organisasi ini,” jawab Gentry tentang perpanjangan kontraknya .

Foto: NBA

 

Komentar