IBL

Perjalanan Los Angeles Clippers di bawah kepala pelatih Doc Rivers belum berakhir. Rabu, 23 Mei 2018, Clippers menyiarkan rilis resmi tentang perpanjangan kontrak sang nakhoda. Namun berapa lama dan besar kontrak lanjutan yang diterima Rivers, tidak diumumkan ke publik.

“Rivers adalah salah satu pelatih terbaik di NBA, tak ada yang meragukan hal itu. Ia juga sudah menjalani beberapa musim yang baik bersama Clippers,” ujar Steve Ballmer, pemilik Clippers. “Kami percaya ia mampu memimpin tim yang kompetitif, tangguh, dan terus bekerja keras. Kami juga yakin ia dapat menyebarkan semangat itu ke semua jajaran organisasi.”

Lima tahun memimpin, Rivers berhasil membawa Clippers menjadi tim dengan rekor menang-kalah terbaik kelima di musim reguler. Rivers memiliki rasio kemenangan 63 persen (259-151). Tahun 2013 menjadi musim terbaik bagi pelatih berusia 56 tahun ini. Meraih 57 kemenangan dari 82 laga, ia menorehkan rekor kemenangan terbanyak selama satu musim dalam sejarah Clippers.

Rivers selalu membawa Clippers lolos ke babak playoff dalam empat musim pertamanya. Musim ini adalah kegagalan perdananya lolos ke playoff. Namun, Clippers masih terus bersaing hingga sisa lima laga terakhir sebelum dipastikan gagal. Tim tetangga Los Angeles Lakers ini finis di urutan ke-10 dengan rekor menang-kalah 42-40.

“Saya cukup senang dan bangga atas prestasi yang kami capai dalam kurun lima musim terakhir. Tapi tentu kami punya banyak pekerjaan yang harus dilakukan di masa mendatang,” tutur Rivers dalam rilis resmi. “Musim ini kami menghadapi banyak sekali tantangan dan perubahan yang akhirnya membawa tim ini bisa terus menggali potensi yang kita miliki. Saya tak sabar untuk kembali bersama tim dan mengembangkan level para pemain serta bersaing dengan jajaran elit NBA.”

Musim depan adalah musim ke-20 Rivers menjadi kepala pelatih. Ia telah menorehkan 846 kemenangan dari 1470 laga bersama tiga tim. Jumlah kemenangan tersebut membuatnya bersanding dengan kepala pelatih San Antonio Spurs, Gregg Popovich, sebagai pelatih aktif yang meraih minimal 800 kemenangan. Prestasi terbaik Rivers adalah membawa Boston Celtics menjadi juara pada musim 2008.

Foto: NBA

Komentar