IBL

Los Angeles Clippers berhasil menundukkan Brooklyn Nets di Staples Center, Los Angeles, California, Amerika Serikat, Minggu 17 Maret 2019 waktu setempat. Dengan kemenangan itu, Kepala Pelatih Doc Rivers berarti sudah mengemas 300 kemenangan bersama Clippers. Ia masuk ke jajaran elit tujuh pelatih legendaris dengan 300 kemenangan di musim reguler bersama sedikitnya dua tim NBA.

Rivers kini sejajar dengan Phil Jackson (Chicago Bulls dan Los Angeles Lakers), George Karl (Seattle Supersonics dan Denver Nuggets), Dick Motta (Chicago Bulls dan Dallas Mavericks), Don Nelson (Milwaukee Bucks, Dallas Mavericks, dan Golden State Warriors), Pat Riley (Los Angeles Lakers dan Miami Heat), dan Lenny Wilkens (Seattle Supersonics, Cleveland Cavaliers, dan Atlanta Hawks).

Sang Pelatih pertama kali menyentuh angka itu ketika menangani Boston Celtics pada 2004-2013. Ia mengumpulkan 416 kemenangan, termasuk gelar juara 2008, bersama Celtics. Ia kemudian menyentuh rekor serupa tahun ini bersama Clippers. Secara total, ia sudah menang 887 kali dari 1541 pertandingan selama 20 tahun berkarier sebagai pelatih.

Rivers mendapatkan kemenangan ke-300 bersama Clippers berkat Lou Williams. Clippers dalam kondisi unggul 116-106 saat itu. Nets mencetak 10 poin beruntun sehingga kedudukan imbang. Rivers kemudian mengatur permainan terakhir dengan memanfaatkan Williams sebagai penembak terakhir. Pemain cadangan terbaik 2018 itu berhasil menjawab kepercayaan Rivers. Ia melepas tembakan di pengujung pertandingan dan memenangkannya dengan tembakan pas bel berbunyi (buzzer beater).

Williams berhasil merayakan upayanya dengan suka cita. Rivers pun demikian. Rekor fantastis 300 kemenangan tadi sungguh berarti. Itu merupakan buah hasil bahu-membahu antarpelatih dan pemain yang mengantarkan tim kepada kemenangan. Clippers pun bertengger di peringkat delapan Wilayah Barat untuk terus memupuk harapan ke playoff pada 2018-2019 ini. (GNP)

Foto: NBA

Komentar