IBL

Golden State Warriors hanya membutuhkan satu kemenangan lagi untuk melaju ke putaran selanjutnya di playoff. Namun, San Antonio Spurs justru berhasil menggagalkan usaha mereka dengan memenangkan pertandingan keempat. Spurs menang 103-90 di AT&T Center, San Antonio, Texas, Amerika Serikat, Minggu, 22 April 2018.

Manu Ginobili, garda senior, menjadi pahlawan di pertandingan ini; menghindarkan Spurs dari sapu bersih dengan 16 poin, 5 asis, dan 3 rebound. Ia pun mempersembahkan kemenangan ini untuk Kepala Pelatih Gregg Popovich yang belum bisa mendampingi mereka setelah istrinya meninggal pekan lalu.

“Pemimpin kami (Popovich) sedang berjuang, jadi kami mencoba merespon dan bermain seolah ia ada di sini. Semoga ia terus mendorong kami dari rumah,” ujar Ginobili seperti dikutip Bleacher Report.

Selain Ginobili, LaMarcus Aldridge juga berkontribusi besar dengan dobel-dobel 22 poin dan 10 rebound. Sementara itu, Rudy Gay dan Dejounte Murray masing-masing mencetak 14 dan 12 poin.

Di kubu Warriors, Kevin Durant menjadi pencetak angka terbanyak dengan dobel-dobel 34 poin dan 13 rebound. Klay Thompson di tempat kedua dengan 12 poin. Draymond Green lalu menambahkan 9 poin, 9 asis, dan 18 rebound. Sayangnya, perolehan itu tak membantu mereka memenangkan pertandingan.

Spurs sudah tancap gas sejak awal kuarter. Mereka unggul 56-42 di paruh waktu pertama meski kalah perolehan poin di kuarter tiga (21-29). Namun, Spurs justru kembali unggul di kuarter akhir. Ginobili sedikitnya mencetak 10 poin saat itu, dobel-digit di kuarter empat pertamanya sejak 2012. Permainannya itulah yang membikin Spurs berbeda hari ini meski usianya tak lagi muda—40 tahun.

“Saya tahu dia tua karena dia rekan setimnya saya, dan saya benar-benar tua,” komentar Steve Kerr, kepala pelatih Warriors, mengingat usia Ginobili seperti dikutip Sports Center di akun Instagram mereka.

Akurasi tembakan Warriors yang buruk menjadi salah satu alasan mereka kalah. Persentase field goal mereka hari ini hanya 37,8 persen sementara tripoin di angka 25 persen. Absennya Stephen Curry menyulitkan mereka kali ini. Menurut Kerr, ketika garda utama andalannya itu cedera, Thompson di posisi garda tembak jadi tidak punya ruang tembak terbuka. Hal itu terbukti hari ini, Thompson hanya memasukkan 4/16 tembakannya.

Dengan demikian, Warriors pun gagal sapu bersih di putaran pertama ini. Namun, mereka masih memimpin 3-1 di playoff. Pertandingan kelima akan berlangsung lusa di Oracle Arena, Oakland, Amerika Serikat.

Foto: Darren Abate/Associated Press

Komentar