IBL

Golden State Warriors melakoni laga kelima putaran pertama NBA Playoff dengan menjamu San Antonio Spurs di Oracle Arena, Oakland, California, Amerika Serikat, Selasa malam, 24 April 2018 waktu setempat. Dalam kondisi unggul 3-1, Warriors hanya butuh satu kemenangan untuk lolos ke semifinal Wilayah Barat. Dengan fakta tersebut, laga tidak otomatis berjalan mudah bagi tim asuhan Steve Kerr. Hal itu terbukti dengan keunggulan mereka yang hanya dua poin saat laga menyisakan 42 detik. Beruntungnya, Warriors berhasil di dua penguasaan bola selanjutnya saat Spurs tidak berhasil mengonversi satu pun penguasaan bola mereka. Warriors menutup laga dengan kemenangan 99-91.

Kevin Durant menjadi top skor Warriors setelah mencetak 25 poin, 6 rebound, dan 5 asis. Klay Thompson menyusul dengan 24 poin, 5 rebound, dan 4 asis sementara Draymond Green menjadi satu-satunya pemain Wariors yang mencetak dobel-dobel dengan 17 poin, 19 rebound, plus 7 asis.

Hanya tiga pemain di atas yang mampu mencetak dua digit angka bagi Warriors. Akan tetapi, sembilan dari 10 pemain Warriors yang tampil mampu menyumbangkan poin.

Empat dari 11 pemain yang berlaga bagi Spurs mampu mencetak dua digit angka. LaMarcus Aldridge menjadi top skor pertandingan dengan dobel-dobel 30 poin dan 12 rebound selama 40 menit. Patty Mills menyusul dengan 18 poin dan 5 rebound dengan 7/15 percobaan. Manu Ginobili dan Kyle Anderson menjadi dua pemain cadangan yang mampu mencetak dua digit angka. Keduanya sama-sama mencetak 10 poin pada laga ini.

Kemenangan ini membawa Warriors, yang tampil tanpa Stephen Curry di putaran ini, lolos ke putaran kedua alias semifinal wilayah. Lawan Warriors selanjutnya adalah satu-satunya tim yang mampu lolos dalam empat laga, New Orleans Pelicans. Di musim reguler, dari empat kali pertemuan kedua tim, Warriors berhasil memenangi tiga laga.

Lolosnya Warriors musim ini juga membuat tim yang identik dengan warna kuning dan biru ini selalu lolos ke babak semifinal wilayah di empat musim terakhir. Terkahir kali mereka gagal lolos ke semifinal wilayah terjadi pada musim 2013-2014 lalu setelah takluk 3-4 atas Los Angeles Clippers.

Warriors akan memiliki keuntungan laga kandang (home court advantage) dalam laga melawan Pelicans karena unggul dalam posisi di klasemen akhir Wilayah Barat di musim reguler. Belum ada tanggal resmi kapan semifinal wilayah digelar. Akan tetapi, menurut kalender tahunan NBA, semifinal wilayah akan dimulai di sekitar 28-30 April 2018.

 

Foto: The Mercury News

Komentar