IBL

Boston Celtics bertandang ke Moda Center at the Rose Quarter, Portland, Oregon, Amerika Serikat, markas Portland Trail Blazers, Jumat malam, 23 Maret 2018 waktu setempat. Masih tanpa Kyrie Irving yang bermasalah dengan lutut kirinya, Celtics menunjukkan mental juara mereka. Tertinggal 10 poin di kuarter tiga, Celtics berhasil membalikkan keadaan (comeback) dan meraih kemenangan dengan skor akhir 105-100.

Marcus Morris menjadi pendulang angka utama Celtics dengan 30 poin. Terry Rozier yang menggantikan peran Irving sebagai garda pertama (point guard) mencatatkan 16 poin. Rookie Jayson Tatum mengikuti dengan 13 poin, 6 rebound, dan 4 asis sementara Al Horford membukukan 11 poin. Greg Monroe dobel-dobel dengan 10 poin dan 10 rebound meski hanya bermain selama 20 menit dan memulai laga dari bangku cadangan.

Duo garda Blazers, Damian Lillard dan C.J. McCollum menjadi top skor tim pada laga ini. Keduanya sama-sama mencetak 26 poin. Lillard menambahkan 7 asis sementara McCollum merebut 7 rebound. Al-Farouq Aminu membukukan dobel-dobel dengan 16 poin dan 10 rebound sementara Jusuf Nurkic mencetak 11 poin dan 7 rebound.

Blazers mendominasi pertandingan di tiga kuarter pertama. Tim asuhan Terry Stotts ini terus unggul sejak kuarter pertama baru berjalan lima menit hingga pertengahan kuarter empat. Bahkan, Blazers sempat unggul hingga 12 poin sebelum menutup kuarter tiga dengan keunggulan 77-67.

Tembakan tripoin Morris saat kurter empat menyisakkan 6 menit 30 detik berhasil membawa Celtics mengambil alih momentum. Anak-anak asuh Brad Stevens terus menjaga keunggulan di sisa laga sebelum menutup kemenangan lewat dua lemparan gratis Rozier. “Saya rasa kami bermain sangat baik, terutama saat pertandingan semakin ketat dan berada di momen paling penting,” ujar Stevens dilansir akun twitter resmi Celtics.

Kemenangan ini tidak mengubah posisi Celtics di peringkat dua klasemen sementara Wilayah Timur. Mereka masih menjadi tim selain Toronto Raptors yang telah  memastikan satu tempat di playoff. Setali tiga uang, Blazers masih bertahan di peringkat tiga klasemen sementara Wilayah Barat dengan rekor 44-28. Mereka harus segera memutus dua kekalahan beruntun mereka bila tidak ingin disalip Oklahoma City Thunder di peringkat empat (44-30).

Selanjutnya, Celtics masih akan melakoni laga tandang dengan bertamu ke markas Sacramento Kings lusa. Sementara Blazers akan memulai rentetan tiga laga tandang mereka dengan bertamu ke markas sang pesaing terdekat, Thunder, di hari yang sama.

Foto: NBA

 

Komentar