IBL

Boston Celtics bertamu ke markas Phoenix Suns di Talking Stick Resort Arena, Phoenix, Arizona Amerika Serikat, untuk melakoni laga ke-74 pada Senin malam, 26 Maret 2018 waktu setempat. Celtics yang unggul jauh (31-15) di kuarter pertama sempat terkejar oleh Suns (50-53) di awal kuarter tiga. Akan tetapi, Celtics kembali mengamankan keunggulan mereka di kuarter empat sebelum menutup laga dengan kemenangan 102-94.

Rookie Jayson Tatum keluar sebagai top skor Celtics dengan 23 poin dan 6 rebound. Dengan perolehan itu, Tatum sekaligus mencatatkan 1000 poin di NBA musim ini.

Marcus Morris menyusul dengan 20 poin dan 3 rebound selama 23 menit. Ia harus ditarik keluar pada kuarter tiga setelah bermasalah dengan engkelnya. Senter senior, Al Horford, membukukan 19 poin, 9 rebound, dan 7 asis sementara Terry Rozier mencatatkan 16 poin, 7 rebound, dan 3 asis.

Laga ini menjadi laga kelima Suns tanpa sang bintang, Devin Booker. Booker harus menepi karena cedera pada tangan kanannya. Tanpa Booker, Josh Jackson mengambil alih peran pencetak angka utama Suns. Ia mengakhiri laga dengan 23 poin, 6 rebound, dan 2 asis. Ini merupakan pertandingan ketujuh beruntun pemain yang masih berstatus rookie itu mencetak 15+ poin.

Garda kedua (shooting guard), Troy Daniels, menambahkan 18 poin dan 6 rebound sementara senter Marquesse Chriss memasukkan 13 poin. Tyler Ulis yang memulai laga dari bangku cadangan membukukan 19 poin, 5 rebound, dan 8 asis yang masih tidak mampu menghindarkan Suns dari kekalahan.

Kemenangan ini merupakan kemenangan keempat Celtics secara beruntun, membuat mereka semakin mendekati Toronto Raptors di puncak klasemen dengan selisih tiga kemenangan. Sementara bagi Suns, ini adalah kekalahan ke-12 mereka secara beruntun dan makin membenamkan tim asuhan Jay Triano di dasar klasemen Wilayah Barat. Total Suns baru memenangi 19 dari 75 laga.

Selanjutnya, Celtics masih akan melakoni laga tandang dengan bertamu ke Utah Jazz, Rabu malam, 28 Maret 2018 waktu setempat. Sementara Suns masih akan tinggal di kandang untuk menjamu tim sesama Wilayah Barat, Los Angeles Clippers, di hari yang sama.

 Foto: USA Today

Komentar