IBL

Dua tahun telah berlalu sejak pensiunnya, tetapi Kobe Bryant tidak berhenti membuat penggemarnya kagum. Setelah Los Angeles Lakers mengistirahatkan dua nomornya (8 dan 24), kini anugerah tahunan Piala Oscar (Academy Awards) ke-90 menghadiahinya sebuah penghargaan. Penghargaan itu diberikan untuk mengapresiasi film animasi pendeknya berjudul Dear Basketball di Dolby Theatre, Los Angeles, California, Amerika Serikat, pada Minggu malam, 4 Maret 2018 waktu setempat.

Dear Basketball merupakan film animasi pendek yang mengadaptasi puisi Bryant di The Players’ Tribune. Bekas bintang NBA ini menulisnya pada 2015 sebagai bentuk pernyataannya mengakhiri karir. Maka, setahun berikutnya ia pun resmki pensiun.

Tulisan Bryant di The Players’ Tribune itu pun menggugah legenda Disney, Glen Keane, untuk membuat puisi itu menjadi film. Kedua legenda itu lalu bekerja sama untuk menggarap film tersebut. Keane membuat animasinya sementara Bryant mengisi suara. Keduanya bekerja dengan baik sehingga Piala Oscar patut mengganjarnya dengan penghargaan film animasi pendek terbaik. Film itu sekaligus menyingkir para nomine seperti Garden Party, Lou, Negative Space dan Revolting Rhymes.

Kobe Bryant bersama Glen Keane saat menerima penghargaan film animasi pendek terbaik di Piala Oscar 2018. Foto: Chris Pizzelo/AP via Variety

 

Saat memenangkan penghargaan, Bryant pun naik ke atas panggung. Ia lantas berdiri di atas sana untuk memberikan pidatonya tentang kemenangan itu. Pada kesempatan itu, ia sekaligus menyindir masalah Laura Ingraham, pembawa acara Fox News, yang sempat berkonfrontasi dengan bintang Cleveland Cavaliers LeBron James.

“Ini merupakan sebuah bentuk pengesahan bagi orang-orang untuk menyimak dan mengatakan, ‘Baiklah, dia sungguh dapat melakukan sesuatu selain melantun dan menembak (dribble and shoot)’,” ujar Bryant, seperti dinukil dari Undefeated.

Penghargaan ini sekaligus membuat Bryant menyatakan sikapnya. Menurutnya, para atlet tidak hanya bisa olahraga, tetapi juga mampu memberikan dampak ke bidang yang lebih luas. Dear Basketball menjadi bukti hal itu benar adanya.

Dengan Dear Basketball, lemari penghargaan Bryant pun semakin ramai. Setelah melalui karir luar biasa di NBA dan tim nasional Amerika Serikat, ia pun dapat memajang piala baru. Piala Oscar bakal berdiri di samping gelar-gelar bergengsi seperti juara NBA, pemain terbaik, dan medali emas Piala Dunia maupun Olimpiade juga piala lainnya.

Foto: Animation World Network

 

Baca juga:

Film Pendek Kobe Bryant Masuk Nominasi Oscar

Legenda Disney di Balik Film Animasi Kobe Bryant

Komentar