IBL

Selasa, 19 Desember 2017, menjadi hari bersejarah bagi legenda Lakers—Kobe Bryant. Pasalnya, tim asal Los Angeles itu akhirnya mempensiunkan dua nomor yang pernah ia pakai sebagai penghormatan atas jasa-jasanya. Para penggemar maupun rekan-rekan Bryant berbondong-bondong menghadiri acara menggantung seragam bernomor punggung 8 dan 24 di langit-langit Staples Center, Los Angeles, California, Amerika Serikat.

Sebelum Kobe Bryant memasuki lapangan, NBA terlebih dahulu menampilkan sebuah film animasi. Film itu merupakan adaptasi dari puisi Bryant di The Players’ Tribune berjudul “Dear Basketball” ketika ia memutuskan pensiun pada 2015 lalu. Ia bahkan mengisi narasi dengan suaranya sendiri dalam film itu. 

Meski singkat, animasi “Dear Basketball” sebenarnya bukan sembarang film. Ada sentuhan tangan legendaris dari setiap goresan gambar bergerak yang tampil di dalamnya. Tangan siapakah dia?

Glen Keane, 63 tahun, adalah orang di balik terciptanya film itu. Keane adalah animator, pengarang, sekaligus ilustrator yang pernah bekerja sama dengan Disney. Ia terlibat dalam beberapa karya terkenal, di antaranya: Tarzan (1999), Pocahontas (1995), Aladdin (1992), Beauty and the Beast (1991), dan The Little Mermaid (1989).

Glen Keane lahir di Philadelphia, Pennsylvania, Amerika Serikat, pada 13 April 1954. Sejak kecil, ia sudah belajar menggambar dari ayahnya, Bil Keane, yang seorang kartunis. Maka, tidak mengherankan kalau kemudian ia memilih jalan yang sama dengan ayahnya.

Ketika beranjak dewasa, Glen Keane memutuskan untuk menekuni seni lebih jauh. Ia pun mengambil kuliah di California Institute of the Arts sampai keluar dari sana pada 1974. Di tahun yang sama, ia bergabung dengan Disney.

 

Selama bekerja sama dengan Disney, ia banyak terlibat dalam karya-karya ikonik Disney. Beberapa di antaranya sudah disebutkan di awal tulisan ini. Karirnya pun terus berkembang sampai akhirnya memutuskan berhenti menjadi pekerja tetap Disney dan bekerja sebagai pekerja lepas.

Kendati begitu, Keane tetap bekerja sama dengan Disney dalam berbagai proyek film. Ia bahkan melatih sekelompok anak muda yang kemudian terkenal dengan sebutan “Disney’s Nine Old Men”. Ia juga terlibat dalam beberapa film Disney yang menjadi generasi emas perusahaan film tersebut.

Pada 2012, setelah berkarir bersama Disney selama 37 tahun, Keane pun pergi meninggalkan perusahaan itu. Setahun kemudian, ia bergabung dengan Motorola's Advanced Technology and Projects Group. Ia bekerja sama dengan para teknisi di sana untuk menciptakan dan mengembangkan teknologi hand-drawn animation. Sejak itu ia pun terus berkarir sebagai animator, ilustrator, pengarang, bahkan menjadi sutradara dalam film “Dear Basketball” untuk Kobe Bryant.

Foto: Spark CG Society

 

Komentar