IBL

NBA sangat ketat dalam menerapkan aturan kepada kontestan liga. Pada hari Kamis (1/2) waktu Amerika Serikat, NBA menjatuhkan denda kepada Philadelphia 76ers dan New Orleans Pelicans karena melanggar aturan pelaporan pemain cedera. Denda yang diberikan beragam, dan Sixers yang paling besar. 

Philadelphia 76ers didenda 75 ribu dolar Amerika karena tidak memasukkan Joel Embiid dalam laporan cedera mereka "secara akurat dan tepat waktu" sebelum pertandingan hari Sabtu, pekan lalu melawan Denver Nuggets. Sedangkan New Orleans Pelicans didenda 25 ribu dolar Amerika, karena terbukti melakukan pelanggaran aturan pelaporan cedera liga.

Embiid tidak dimasukkan dalam laporan cedera Sixers pada hari Sabtu, tetapi MVP NBA dikeluarkan dari susunan pemain mereka beberapa menit sebelum tipoff setelah ia mengalami ketidaknyamanan di lutut kirinya selama pemanasan. Cederanya menghalangi pertarungan yang sangat dinanti antara Embiid dan dua kali MVP Nikola Jokic dalam pertandingan yang akhirnya dimenangkan Nuggets 111-105. Embiid juga absen dari kekalahan 130-104 76ers di Portland. 

Dalam rilis media, NBA mengatakan denda tersebut memperhitungkan riwayat denda Sixers sebelumnya, karena melanggar peraturan pelaporan cedera. Tinjauan liga menyimpulkan bahwa tidak ada pelanggaran kebijakan partisipasi pemain liga karena absennya Embiid disebabkan oleh cedera yang bisa dipertanggung jawabkan. Masalahnya Sixers tidak segera melaporkan hal tersebut, dan mencabut nama Embiid dalam daftar susunan pemain. 

Selanjutnya, Pelicans juga mendapatkan denda serupa karena tidak memasukkan Trey Murphy III dalam laporan cedera tim pada hari Sabtu sebelum kekalahan 141-117 di Milwaukee. Padahal sebelumnya, Murphy tidak ada dalam laporan pemain cedera. Namun tiba-tiba saat pertandingan dimulai, Murphy tidak ada dalam daftar susunan pemain. 

Dikutip dari NBA Official, bahwa tim NBA harus melaporkan informasi mengenai cedera, penyakit, dan istirahat pemain untuk semua pertandingan NBA pada pukul 17.00 waktu setempat pada hari sebelum pertandingan (selain hari kedua berturut-turut). Tim harus melaporkan status partisipasi dan mengidentifikasi cedera, penyakit, atau kemungkinan terjadinya pemain sehat yang beristirahat untuk pemain mana pun, yang partisipasinya dalam permainan mungkin terpengaruh oleh cedera, penyakit, atau istirahat tersebut (pemain bintang). Untuk pertandingan kedua berturut-turut, tim harus melaporkan informasi di atas selambat-lambatnya pukul 1 siang waktu setempat pada hari pertandingan. Laporan diperbarui secara terus-menerus sepanjang hari. (*)

Foto: Reuters

Komentar