IBL

Joel Embiid harus menepi lagi karena cedera. Philadelphia 76ers melaporkan pada Kamis (1/2) waktu setempat, MVP 2023 itu mengalami cedera meniskus lateral di lutut kiri. Terjadi saat Embiid bertanding melawan Warriors pada Selasa (30/1) di Chase Center, San Francisco. Cedera itu membuat peluang Embiid bersaing meraih MVP musim ini terancam.

Untuk mendapatkan penghargaan individu, setiap pemain minimal harus bermain 65 gim dengan waktu paling sedikit 20 menit per gim. Embiid baru bermain selama 34 gim. Kurang 31 gim lagi untuk memenuhi syarat tersebut.

Sedangkan Sixers hanya menyisakan 35 gim di musim reguler ini. Berarti Embiid hanya bisa absen 4 gim lagi jika ingin mempertahankan peluang sebagai MVP, masuk All-NBA, atau gelar individu yang lain.

Dalam klasemen sementara MVP, Embiid masih menempati posisi pertama. Pemain kelahiran Yaounde, Kamerun itu memimpin dengan rata-rata 35,1 poin, 11,6 rebound, dan 6,1 asis per gim. Di bawahnya ada Nikola Jokic, Shai Gilgeous-Alexander, Giannis Antetokounmpo, dan Luka Doncic.

Masalahnya waktu pemulihan Embiid tidak pasti. Dilansir melalui ESPN, Embiid akan absen sepanjang sisa pekan ini. Pemain berusia 29 tahun itu akan menjalani serangkaian pengobatan untuk cederanya.

Pekan ini Sixers dijadwalkan dua gim. Masing-masing melawan Brooklyn Nets pada 3 Februari dan Dallas Mavericks pada 5 Februari. Katakanlah Embiid bisa pulih pekan ini, ia hanya menyisakan “jatah” absen dua gim lagi di sepanjang musim reguler hingga pertengahan April mendatang.

Saat Sixers jatuh ditangan Warriors 107-119, Embiid mengalami insiden. Jonathan Kuminga secara tidak sengaja jatuh menimpa Embiid saat mengejar bola lepas di kuarter keempat. Embiid pun keluar dari pertandingan dengan raihan 14 poin, 7 rebound, dan 2 asis selama 30 menit.

Dengan kondisi itu, kemungkinan Embiid juga absen pada NBA All-Star 2024. Embiid masuk starter All-Star 2024 bersama Giannis, Tyrese Haliburton, Damian Lillard, dan Jayson Tatum. (rag)

Foto: Noah Graham/NBAE via Getty Images

Komentar