IBL

Joel Embiid kembali menjadi kandidat favorit MVP musim ini. Ia telah memenangkan yang pertama musim lalu. Dalam klasemen MVP 2024, Embiid menempati posisi teratas. Untuk sementara unggul atas Nikola Jokic dan Shai Gilgeous-Alexander.

Tapi untuk bisa meraih penghargaan individu musim ini, setiap pemain harus tampil minimal 65 pertandingan. Embiid telah bermain dalam 28 gim. Sisanya menepi karena cedera. Termasuk dalam tiga dari empat gim terakhir.

Sixers menyisakan 44 gim lagi. Berarti Embiid hanya boleh absen tujuh gim di musim reguler ini. Ia harus bermain minimal 37 gim lagi. Selama delapan musim, penampilan terbanyak Embiid terjadi pada 2021-2022 saat bermain 68 gim. Kemudian 66 gim saat ia memenangkan MVP musim lalu.

“Tidak, saya sudah melakukannya. Saya selalu mengatakan saya menginginkan semuanya. Jika saya mempunyai kesempatan mendapatkan (MVP) kedua, saya akan melakukannya. Tapi saya tidak akan memaksakan diri. Penampilan saya yang menunjukkan. Kami ingin menang. Itulah yang utama,” kata pemain berusia 29 tahun itu.

Hanya saja bagi Embiid, bisa membawa Sixers meraih cincin pertama setelah tahun 1983 merupakan hal terpenting. Sixers bermain cukup baik dengan 25-13. Tetapi belum cukup kuat untuk bersaing dengan Boston Celtics (31-9) dan Milwaukee Bucks (28-12).

“Kemenangan adalah tujuan utama. Kami harus terus menang dan memasukkan statistik untuk perebutan (MVP) itu juga bagus. Tapi pada akhirnya, jika ada sesuatu yang terjadi, dan saya tidak dapat memenuhi persyaratan jumlah pertandingan, ya biarkan saja,” ujar Embiid.

Saat Sixers mengalahkan Rockets 124-115, Embiid mencetak dobel-dobel 41 poin dan 10 rebound. Dalam 21 percobaan Embiid memasukkan 12 tembakan. Hanya meleset satu poin dari 17 tembakan gratis.

Ini merupakan ke-17 kali beruntun Embiid meraih +30 poin. Rekor untuk waralaba. Embiid telah mencapai dobel-dobel dengan +40 poin ketujuh dalam musim ini. Terbanyak di NBA. Pemain berdarah Kamerun itu memiliki 42 gim yang memiliki paling tidak 40 poi dan 10 rebound, terbanyak ketujuh di liga.

Dengan dominasi itu, Embiid merupakan peran penting keberhasilan Sixers. “Tidak peduli berapa banyak pertandingan yang saya mainkan, tujuannya adalah tidak cedera sepanjang sisa tahun ini,” tuturnya.

Foto: Tim Nwachukwu/Getty Images

Komentar