IBL

Golden State Warriors meraih kemenangan tandang pada hari Jumat (3/11) waktu Amerika Serikat, atas Oklahoma City Thunder dengan skor 141-139. Laga yang berlangsung di Paycom Center, Oklahoma, tersebut sempat menuai kontroversi, terutama di detik-detik terakhir. Namun setelah dilakukan pemeriksaan, NBA mengonfirmasi bahwa tidak adanya panggilan (no-call) pada akhir laga memang keputusan yang tepat. 

Momen ini terjadi di sisa 0,2 detik. Di mana Stephen Curry melakukan layup, dan terbang melewati Chet Holmgren. Saat itu ring bergetar, tetapi pada awalnya disebut sebagai offensive goaltending. Karena ada Draymond Green yang melakukan kontak dengan tepian ring. 

Setelah dilakukan peninjauan ulang, upaya offensive goaltending tersebut dibatalkan, sehingga poin untuk Curry dihitung, sekaligus memberikan kemenangan dengan margin dua poin untuk Warriors. Sehari setelahnya, dalam laporan NBC Sports Bay Arena, NBA menjelaskan bahwa keputusan yang diambil sudah tepat. Hal ini dibuktikan dari pemeriksaan "Last Two Minute Report". (tautan Last Minute Report NBA untuk pertandingan Warriors Vs. Thunder, 3 November 2023).

"Setelah berkomunikasi dengan Replay Center, keputusan mengenai gangguan keranjang ofensif dibatalkan," kata laporan itu. "Ada bukti yang jelas dan konklusif bahwa Draymond Green tidak menyentuh bola, meskipun Green melakukan kontak dengan ring, karena menyentuh ring, berdiri sendiri, tidak melanggar aturan."

Sekadar informasi, NBA punya aturan bahwa ada tiga hal yang dianggap sebagai offensive goal tending:
a) terjadi pada saat bola berada atau menggelinding pada ring, dan menggunakan ring sebagai alas bawahnya;
b) menyebabkan bola memantul secara tidak wajar;
c) memindahkan atau dengan sengaja mengubah arah bola yang keluar dari jalurnya.

NBA sangat berhati-hati dalam memberikan keputusan. Mengingat, ada beberapa pertandingan yang sekarang bukan hanya untuk musim reguler saja. Pada bulan November 2023, beberapa pertandingan dihitung juga dalam In-Season Tournament. Sehingga poin sekecil apa pun sangat berpengaruh pada klub tersebut. Laga Warriors Vs. Thunder pekan lalu, juga termasuk babak penyisihan In-Season Tournament NBA. (*)

Foto: Newsday

Komentar