IBL

Stephen Curry mencetak 30 poin, termasuk layup kemenangan dengan sisa waktu 0,2 detik, untuk membantu Golden State Warriors mengalahkan Oklahoma City Thunder, 141-139, pada Jumat malam (3/11) waktu Amerika Serikat, yang sekaligus menjadi pertandingan Turnamen NBA. Tapi yang ramai di media sosial justru Draymond Green. Karena banyak situasi yang melibatkan Green, berujung pada keuntungan bagi Warriors. 

Pada saat-saat terakhir pertadingan, layup Curry melewati keranjang saat Green melakukan kontrak dengan tepi ring tersebut. Sementara, dalam laporan TSN, disebutkan bahwa wasit harus melihat tayangan ulang karena ada offensive-foul.  Keputusan itu dibatalkan, dan Warriors meraih kemenangan kedua berturut-turut di detik-detik terakhir. 

Ada juga laporan yang menyebutkan bahwa setelah wasit meninjau ulang rekaman pertandingan, mereka memutuskan bahwa kontak Green dengan ring tidak berpengaruh pada lintasan bola, sehingga poin dihitung. Poin tersebut memastikan Warriors mendapatkan kemenangan pertamanya di In-Season Tournament NBA. 

Green juga menjadi pusat perhatian karena terlibat dalam beberapa situasi rumit dalam pertandingan. Ketika Thunder memimpin satu poin di sisa dua menit, Luguentz Dort dinyatakan melakukan pelanggaran terhadap Green, dan di saat bersamaan Curry melakukan tembakan tripoin. Jelas saja keputusan ini diprotes oleh Thunder, dan akhirnya keputusan wasit diubah menjadi illegal-screen dari Green. 

Beberapa saat kemudian, siku kiri Green mengenai wajah Chet Holmgren di dekat mata, saat pemain muda itu hendak melakukan tembakan. Lagi-lagi wasit meninjau ulang rekaman pertandingan, tapi kemudian memutuskan tidak ada pelanggaran, karena kontak tersebut hanya insidental. Masih situasi yang melibatkan Green. Kali ini di sisa waktu 32 detik, Green melakukan blok yang dianggap sebagai pelanggaran terhadap Chet Holmgren. Tetapi kali ini, Holmgren mendapatkan dua tembakan gratis karena pelanggaran yang dilakukan Green. Bahkan sampai detik-detik terakhir, Green masih terlibat dalam situasi menegangkan. 

Kemenangan kali ini adalah yang kelima berturut-turut, sejak kalah di malam pembuka musim 2023-2024. Kini Warriors punya rekor 5-1. Pada laga kali ini, Dario Saric mencetak 20 poin dan Chris Paul menyumbang 13 asis untuk Warriors. Sebaliknya, Lu Dort mencetak 29 poin, Chet Holmgren mencetak 24 poin dan Josh Giddey mencetak 14 dari 18 poin pada kuarter keempat untuk Thunder. Sementara Shai Gilgeous-Alexander absen karena lutut kirinya terkilir.

Faktanya, sejak Draymond Green kembali bermain di musim ini, Warriors belum pernah kalah. Sedangkan sampai berita ini diturunkan, Draymond menjadi trending topic untuk kategori olahraga di Twitter, dengan unggahan sebanyak 21,8 ribu. (*)

Foto: The Press Democrat

Komentar