IBL

Nike punya kontrak delapan tahun dengan NBA sebagai penyedia seragam resmi di lapangan sejak musim 2017-2018. Awalnya memang bagus, tapi lambat laun ada juga yang protes. Bukan tentang kualitas, tapi terkait dengan desain seragam "City Edition". Kyle Kuzma menyebut bahwa seragam khas tersebut menghilangkan ciri khas tim. 

Dulu, sebagian besar tim NBA hanya memiliki dua set seragam, satu untuk pertandingan kandang dan satu lagi untuk tandang. Kini, kategorinya berbeda karena "Asosiasi" dan "Ikon" masing-masing menggantikan kandang dan tandang. Kemudian ada seragam klasik yang dibuat mirip dengan seragam lama, sedangkan City Edition adalah seragam alternatif. Setiap seragam memiliki desain uniknya sendiri, dan tim bahkan merilis jadwal untuk memberi tahu penggemar kapan mereka akan mengenakan setiap versi. 

NBA memasuki tahun keenamnya dengan tim-tim yang mengenakan seragam City Edition yang dibuat oleh Nike, namun sepertinya desain terbaru ini mendapat penolakan. Pemain Washington Wizards Kyle Kuzma memberikan pendapat jujurnya, saat ada bocoran seragam LA Clippers. Baginya, secara konsisten menghadirkan tampilan baru untuk setiap tim sepertinya menghilangkan tradisi atau ciri khas tim itu sendiri. Dia menulis di X (Twitter), "Nike merusak nostalgia jersei, setiap tahun jersei baru dan yang hilang adalah identitas tim."

Kuzma bebas berbicara tentang Nike karena saat ini ia adalah seorang atlet Puma, karena ia menandatangani kontrak berdurasi lima tahun dengan merek tersebut pada tahun 2019. Namun bahkan atlet Nike pun tidak harus jatuh cinta dengan semua yang dilakukan merek tersebut. Sebagai contoh baru-baru ini, Kevin Durant dari Phoenix Suns memberikan ulasan yang kurang bagus tentang sepatu Nike KD 16 miliknya awal bulan ini.

Baca juga: Kevin Durant Kurang Suka dengan Nike KD 16

National Basketball Association (NBA) dan Nike Inc. mengumumkan kemitraan merchandising dan pemasaran global selama delapan tahun. Berdasarkan kesepakatan tersebut, yang dilaporkan bernilai $1 miliar, Nike akan menjadi mitra pakaian NBA pertama yang logonya muncul di seragam NBA. 

Nike memiliki sejarah yang bagus dalam berinovasi, dan telah mendukung beberapa mantan pemain NBA. Perusahaan ini telah menjadi mitra pemasaran global NBA sejak tahun 1992 dan memperluas haknya selama delapan tahun berdasarkan perjanjian baru. Nike juga akan memiliki hak global untuk merancang dan memproduksi seragam pertandingan, serta pemanasan. (*)

Foto: Burn City Sports

Komentar