IBL

Ketika Zach Kram dari The Ringer menulis catatan tentang duo terbaik di NBA, maka muncul nama Jordan Poolde dan Kyle Kuzma ada di urutan terakhir. Sehingga muncul kesimpulan bahwa menyatukan Jordan Poole dan Kyle Kuzma adalah ide buruk. Kini banyak yang menyalahkan Michael Winger sebagai presiden operasi bola basket Wizards, yang baru menjalankan tugas pertamanya di musim ini. 

Wizards awalnya punya Chris Paul, yang datang sebagai bagian dari transaksi Bradley Beal ke Phoenix Suns. Tetapi justru Wizards tidak mau menerima Paul, dan segera mengirimnya ke Golden State Warriors. Wizards mendapatkan Jordan Poole dengan harapan bisa membantu serangan. Memunculkan duet baru bersama Kyle Kuzma. 

Namun kenyataan tak sesuai harapan. Ketika bulan November 2023 berakhir, Wizards menjadi tim terburuk kedua di liga dengan rekor 3-15. Mereka sedikit lebih beruntung dari Detroit Pistons yang kalah 16 pertandingan berturut-turut selama bulan November. Hingga akhirnya muncul kabar yang menyakitkan bahwa sejatinya duet Jordan Poole dan Kyle Kuzma adalah pasangan terburuk di awal musim ini. 

"Net-rating duet Poole-Kuzma adalah -32,1 untuk bulan November. Mereka lebih buruk dari duet Zach Lavine dan DeMar DeRozan dengan net-rating -15. Ini ide buruk untuk menyatukan kedua pemain. Padahal Wizards mengeluarkan lebih dari 50 juta dolar Amerika untuk mereka berdua," kata James Dator dari SB Nation

Dator benar, karena gaji Jordan Poole untuk musim ini mencapai 27,45 juta dolar Amerika. Sedangkan Kuzma punya gaji sekitar 25,56 juta dolar Amerika. Mereka adalah dua pemain dengan bayaran tertinggi di Wizards. Sementara hubungan keduanya semakin memburuk seiring performa klub yang terus turun. 

"Kami tidak bisa menghentikan lawan," kata Kyle Kuzma, melalui Josh Robbins dari The Athletic . "Itulah intinya. Kami membiarkan siapa pun mendapatkan apa pun yang mereka inginkan dari kami."

Ironisnya, ini adalah tahun pertama Wizards di bawah kendali presiden operasi bola basket yang baru, Michael Winger. Dia telah mengindikasikan sebelum musim dimulai bahwa segala sesuatunya mungkin menjadi lebih buruk sebelum menjadi lebih baik, dan mereka berada pada tahap "lebih buruk". Sebelum musim dimulai Wizards mengubah roster dengan menukar pencetak poin terbanyak Bradley Beal (Phoenix Suns), dan membiarkan pertahanannya rapuh dengan melepas Kristaps Porzingis ke Boston Celtics.

Pemain paling menonjol yang mereka terima sebagai imbalannya? Jordan Poole, yang etos kerja dan pemilihan tembakannya dipertanyakan di media sosial, dan bahkan menjadi pembahasan di acara-acara basket terkemuka. 

Pada dasarnya, Wizards tahu musim ini akan sulit, dan mungkin tidak lebih sulit dari yang diperkirakan. Namun, mereka berharap untuk menerima tantangan, dan bahwa kekalahan adalah bagian dari rencana adalah hal yang jauh berbeda. Saat ini, Wizards tampak sengsara. Dan pantas atau tidak, hal itu mungkin akan membuat pelatih Wes Unseld Jr kehilangan pekerjaannya. (*)

Foto: Bullets Forever

Komentar