IBL

Lagi-lagi Nike harus berurusan dengan kritik dari dutanya sendiri. Kali ini datang dari Kevin Durant, yang baru saja menerima sepatu khas ke-16 yang menandai bahwa dirinya sudah berkarier selama 16 tahun. Sepatu yang akan dipakai pada musim 2023-2024 tersebut kurang menarik perhatian publik. Sepertinya Durant juga punya perasaan yang sama, sehingga dia mengungkapkannya saat NBA Media Day awal pekan ini. 

Durant melakukan sesi pemotretan menggunakan sepatu Nike KD 16 warna "Ember Glow". Tidak ada yang tertarik membahas sepatu tersebut dalam sesi wawancara. Durant sendiri tampaknya juga kurang antusias dengan sepatu model barunya. Sampai ada seseorang dari NBA Kicks yang berani menanyakan hal tersebut pada Durant. Dia pun memberikan jawaban yang mengejutkan.

"Ini hanya sepasang sepatu biasa, kawan," katanya. "Ini sudah edisi ke-16, jadi tidak ada yang perlu diragukan. Memang begitu, inilah KD. Kamu tahu, mereka akan berdiri di kakiku setiap tahun."

Setelah jawaban tersebut diunggah di media sosial, Nike langsung merespons. Perusahaan tersebut mengaku langsung menghubungi Durant, dan menanyakan apa ada yang salah dengan model sepatunya. Nike KD 16 dipercaya sebagai sepatu yang ringan dan nyaman, karena memakai kombinasi Nike Air dan Zoom Air. Pemakaian jaring multilapis dimaksudkan untuk memberikan kesan pecah-pecah. Sementara lekukan dan tonjolan pada sol yang menyerupai roda gigi membantu memberikan traksi multiarah. Meskipun terlihat seperti sepatu yang istimewa, sepertinya bukan desain yang diinginkan Durant. 

Kevin Durant dikenal sebagai pemain yang jujur dalam berbagai hal. Tampaknya kontrak seumur hidup dengan Nike yang ditandatangani pada awal tahun 2023, tidak mengubah sifat aslinya. Durant akan mengatakan tidak suka, kalau memang dirinya tidak suka dengan sesuatu. Faktanya, sejak menjadi duta Nike pada tahun 2007, Durant tidak pernah protes. Baru kali ini dia menunjukkan kekecewaan terhadap produk Nike. 

Sekadar mengingatkan kalau Nike juga pernah bermasalah dengan pemainnya, yaitu Kyrie Irving. Salah satu model sepatu Nike Kyrie diprotes oleh Irving, lantaran tidak melibatkannya dalam proses desain. Hal ini yang menyebabkan salah satu sepatu Kyrie sempat ditarik dari peredaran untuk penyesuaian desan. Namun sudah telanjur hubungan antara Nike dan Kyrie Irving retak. (*)

Foto: The Manila Times

Komentar