IBL

Bintang Phoenix Suns Kevin Durant di sela-sela kesibukannya menghadapi playoff NBA, menyempatkan wawancara dengan Board Room TV. Dia membahas soal skena sneaker, tidak hanya di NBA saja, melainkan di seluruh dunia. Menurut KD, Michael punya dampak besar dalam industri sepatu, sampai seperti sekarang. Jordan mengubah cara berpikir tentang sepasang sepatu. 

Ketika Nike meluncurkan Air Jordan 1 pada tahun 1985, komisari NBA saat itu melarang sepatu tersebut dipakai dalam pertandingan. David Stern menganggao bahwa model sepatu tersebut tidak sesuai aturan NBA, dan dianggap terlalu banyak warna. Namun secara tidak langsung, justru larangan David Stern ini memunculkan istilah "Banned Shoes", yang malah membuat Air Jordan 1 semakin dikenal. 

Foto: Sportcasting

Lebih dari tiga dekade sejak peristiwa tersebut, Michael Jordan sekarang jadi seorang miliarder karena sepatu. Merek Air Jordan dia miliki, yang menjadi salah satu merek paling populer di dunia. Pembeli sepatu rela menunggu berjam-jam untuk membel Air Jordan model terbaru. Bahkan pemain NBA seperti PJ Tucker tergila-gila dengan merek tersebut. Dia punya koleksi mahal dan langka dari Jordan Brand. 

"Jordan mengubah cara berpikir tentang sepatu. Mungkin Anda memiliki satu atau dua sepatu klasik ini dalam koleksi Anda. Tapi bagi kami, seorang pemain NBA, sepatu Jordan menjadi tonggak sejarah perkembangan sepatu basket," kata Kevin Durant. 

Pengaruh Michael Jordan terhadap dunia sneaker sangat besar. Menurut KD, Jordan adalah panutan bagi seorang pemain yang punya sepatu khas. Semua ingin punya kontrak jangka panjang dan model yang sangat banyak seperti Jordan. "Kita tidak akan pernah memiliki orang seperti dia (Michael Jordan) lagi, di industri sepatu. Saat ini LeBron punya 20 sepatu khas, saya punya 16, Paul George punya lima atau enam, sementara Giannis punya tujuh atau delapan. Belum lagi Kobe Bryant. Tapi menurut saya, tidak akan ada yang seperti Jordan, terutama diukur dari kesuksesan di bisnis ini," imbuhnya. 

Merujuk dari komentar Kevin Durant, Jordan Brand sekarang punya 35 sepatu khas Air Jordan. Akan sulit bagi pemain mana pun untuk mencapai kesuksesan ini. Belum lagi langkah-langkah yang diambil Jordan Brand juga sangat baik. Mereka sudah mengambil pemain muda seperti Victor Wembanyama untuk menjadi duta. Masa depan Jordan Brand tampaknya berada di tangan yang tepat. (*)

Foto: SBNation.com

Komentar