IBL

Dua tahun bukan waktu yang sebentar bagai Jayson Tatum untuk mendapatkan sepatu khas (signature shoes) dari Jordan Brand. Akhirnya pada hari Minggu, 19 Februari 2023, secara resmi Jayson Tatum 1 resmi dirilis. Rasanya memang waktu yang tepat bagi sepatu ini muncul, di saat beberapa lini Jordan Brand mulai redup di pasaran. 

Menurut merek tersebut, Tatum memang ingin sepatu yang lebih menyatu dengan kakinya. Akhirnya desainer Jorda Brand membuat Tatum 1 dari bingkai TP ringan untuk menghilangkan kelebihan berat. Kemudian ada kantong Zoom Air tanpa bingkai di bagian depan. Tatum ingin agar dirinya tidak kehilangan sentuhan dengan lapangan. Bagian atas dibuat dengan jaring ringan dengan kerah sepatu empuk yang bisa menyangga pergelangan kaki. 

Bintang Boston Celtics tersebut mengunggah fotonya dengan Jayson Tatum 1 bersama Deuce. Putra Tatum juga tampak memperlihatkan versi anak-anak dari sepatu ini. Ternyata ini jadi permintaan khusus dari Tatum. Dirinya ingin agar dibuat juga versi anak-anak, yang memang jarang diproduksi oleh merek-merek ternama untuk lini sepatu khas. Jordan Brand melepas Zoom Air di bagian kaki depan untuk versi anak-anak agar lebih ringan dan nyaman. 

Dikutip dari complex.com, Jordan Brand Jayson Tatum 1 akan dirilis dalam semua ukuran pada 7 April 2023 di Nike.com. Harganya di kisaran 120 dolar Amerika Serikat. Warna yang bisa dipilih adalah "Zoo", "Pink Lomonade", "St. Louis", dan "Barbershop". 

"Saya ingin orang merasa dekat dengan saya. Saya ingat saat masih kecil, berjalan ke toko, dan menjadi sepatu khas dari pemain favorits saya. Saya memakai sepatu tersebut, dan merasa seperti menjadi dirinya. Jadi saya ingin agar sepatu ini menjadi jembatan antara saya dan penggemar," kata Tatum. 

Tatum, yang menjadi atlet Jordan Brand pada 2019, telah membocorkan bahwa sepatu khas pertamanya, akan hadir dua tahun lagi. Memang tidak mudah bagi pemain mendapatkan sepatu khas dari Jordan Brand. Mungkin sekarang tidak sampai selusin pemain NBA yang punya. Kemudian pada bulan Januari 2023, bocoran gambar sepatu Tatum tampil di internet. Tatum mengatakan bahwa foto-foto sepatunya itu salah. Tetapi sudah banyak yang meyakini bahwa sepatu ini akan muncul di NBA All-Star 2023, dan memang benar demikian adanya. 

Jayson Tatum 1 muncul di tengah kegalauan Jordan Brand dengan penjualan sepatu khas, di luar milik Michael Jordan. Kalau Air Jordan, jelas masih punya pasar tersendiri. Tetapi produk-produk seperti Air Zion milik Zion Williamson, tampaknya mengalami penurunan. Untuk itu, Jayson Tatum 1 muncul sebagai malaikat yang bakal membalas neraca penjualan Jordan Brand yang merosot. Apalagi, strategi merilis ukuran anak-anak ini dirasa bakal mendongkrak penjualan. (*)

Foto: Instagram Jayson Tatum

Komentar