IBL

Satu pasang sepatu ini saja sudah mahal, apalagi sampai sampai satu set. Bayangkan saja berapa harganya. Itulah enam sepatu koleksi paling berharga dari memorabilia Michael Jordan. Ada enam sepatu yang pernah dipakai MJ dalam Final NBA, yang dijual satu set. Lelangnya juga bukan ditempat sembarangan, melainkan di Shoteby Dubai.

Menurut laporan Wall Street Journal, Shoteby Dubai secara resmi memulai lelang ini pada hari Rabu, 1 Maret 2023, waktu Indonesia. Ini adalah sebuah koleksi berisi enam pasang sepatu Nike Air Jordan yang pernah dikenakan Michael Jordan dalam enam Final NBA yang dimenangkan di era 90-an. "Dynasty Collection" ini diperkirakan berharga triliunan rupiah. Namun Shoteby tidak mau mengungkapkan harganya. 

Leila Dunbar, konsultan memorabilia kepada Wall Street Journal mengatakan bahwa koleksi tersebut dianggap sebagai bagian terpenting dalam sejarah bola basket. Bukan hanya itu saja, sepatu ini punya dampak besar dalam sejarah dan budaya sepatu yang tidak ternilai harganya. 

"Karena dampak sejarah dan budaya yang mereka wakili, sebagai sebuah koleksi yang bisa dimiliki kolektor," katanya. 

Enam model Air Jordan yang berbeda-beda ini, semuanya dirancang oleh Tinker Hatfield. Seperti Air Jordan VIII dari tahun 1993 menampilkan skor akhir kemenangan Bulls melawan Suns yang tertulis di sepanjang jari kaki. Air Jordan XII dari tahun 1997 ditandatangani besar dan tebal di sepanjang panel putihnya.

Sepatu-sepatu ini dikumpulkan oleh Tim Hallam, yang menerimanya langsung dari Jordan setelah pertandingan. Dikutip dari situs arabianbussiness.com, Hallam menjual sepatu itu kepada pembeli yang dirahasiakan. Dan, kini pemilik tersebut ingin menjualnya. Menurut Hallam, pemiliknya mungkin mendapat untung besar, karena minat kolektor pada memorabilia olahraga telah meledak dalam beberapa tahun terakhir, dengan barang-barang yang dikenakan Jordan melonjak nilainya di pasar lelang.

Sementara itu, Brahm Wachter, kepala streetwear dan barang koleksi di rumah lelang Sotheby, mengatakan bahwa film dokumenter "The Last Dance" tentang musim terakhir Jordan dengan Chicago Bulls, menghidupkan kembali nostalgia untuk memiliki semua hal yang berkaitan tentang MJ, termasuk sepatu bekasnya. Pada tahun 2021, sepasang Nike tahun rookie Jordan terjual seharga 1,472 juta dolar Amerika. Sotheby juga pernah menjual seragam yang dikenakan Jordan dari pertandingan Final NBA 1998 seharga 10,1 juta dolar Amerika pada tahun 2022. 

"Sangat mungkin, pembelinya adalah warga lokal Dubai," kata Wachter, ketika ditanya tentang alasan kenapa koleksi ini dilelang di Dubai. (*)

Foto: Shoteby Dubai

Komentar