IBL

Salah satu dari beberapa pasang sepatu Air Jordan paling langka yang pernah ada akan dilelang. Sepatu tersebut adalah Air Jordan 11 "Space Jam" versi player sample. Sepatu tersebut dibuat untuk syuting film Space Jam, tapi belum sempat dikenakan Michael Jordan. Namun ada tanda tangan asli dari legenda NBA tersebut.

Film Space Jam pertama dibintangi oleh Michael Jordan pada tahun 1996. Selain itu ada beberapa pemain legendaris lainnya seperti Larry Bird, Charles Barkley, Patrick Ewing. Mereka beradu akting dengan karakter animasi Warner Bros. Film tersebut sukses luar biasa, dengan pendapatan lebih dari AS$230 juta di tahun pertama pemutarannya.

Kali ini, situs lelang Sotheby.com mendapatkan harta karun dari film tersebut, yaitu sepasang sepatu Air Jordan 11 "Space Jam" yang sengaja dibuat untuk syuting film tersebut. Tapi nyatanya, Michael Jordan tidak memakainya. Jadi sepatu ini dalam kondisi baru atau deadstock, karena belum pernah dipakai sama sekali. Untungnya ada sesuatu yang membuat sepatu ini makin mahal harganya, yaitu tandatangan Michael Jordan dengan tinta perak.

Air Jordan 11 merupakan karya desainer legendaris Nike, Tinker Hatfield. Dialah yang berhasil membuat sepatu basket yang cocok untuk Michael Jordan, yang dikenal punya gerakan eksplosif saat bermain basket. Sementara untuk desain sepatu ini sendiri dibuat untuk bisa dipakai bermain basket dan bergaya di luar lapangan.

Michael Jordan memakai Air Jordan 11 selama playoff dan final NBA 1995-1996. Musim yang sangat ikonik bagi Michael, karena memenangkan gelar MVP keempatnya, membawa Chicago Bulls menang 72 kali dari 82 pertandingan, menjadi juara NBA dengan mengalahkan Seattle Supersonics di final, serta menjadi MVP final.

Lelang sudah dimulai pada 25 Juli lalu dengan perkiraan harga di kisaran AS$200 ribu atau sekitar 2,9 miliar rupiah. (tor)

Foto: Southeby.com

Komentar