IBL

Bagi penggemar Michael Jordan, tentu tahu tentang peristiwa yang dikenal sebagai "Shattered Backboard". Peristiwa tersebut jadi momen bersejarah dalam perjalanan karier Jordan. Berkaitan dengan peristiwa itu dan koleksi barang peninggalan Michael Jordan, maka sepatu Air Jordan 1 yang dipakai pada saat itu bisa laku sehargan 615 dolar Amerika, atau setara dengan 9,5 miliar rupiah. Tapi rekor penjualan tersebut pecah pada tahun 2021. 

"Shattered Backboard" atau yang dikenal sebagai kisah papan yang hancur, terjadi pada tanggal 26 Agustus 1985 di Trieste, Italia. Saat itu, Jordan datang ke Italia memenuhi undangan Nike, sebagai sponsor acara tersebut. Selain itu, Jordan juga harus patuh kepada Nike yang sudah memberikan kontrak jangka panjang. 

Kembali ke peristiwa tersebut. Pada waktu itu, Jordan mencetak poin sesuka hati. Dia juga melakukan gerakan-gerakan akrobatik yang sulit untuk dilakukan. Jordan kala itu menyelesaikan laga dengan catatan 41 poin. Tapi bukan itu inti dari cerita ini. Pada menit-menit terakhir, Jordan melakukan slam dunk yang begitu keras, sehingga menyebabkan papan pantul pecah berkeping-keping. 

Tidak ada korban yang menderita luka serius dalam peristiwa tersebut. Hanya dua pemain yang mengalami luka ringan akibat pecahan kaca. Uniknya salah satu pecahan kaca tersebut menancap di sepatu Air Jordan 1 milik Michael. Sehingga hari ini, salah satu sepatu yang punya nilai sejarah tinggi dalam perjalanan Michael Jordan tersebut laku dengan harga yang mahal.

Foto: The Value

Sepatu-sepatu yang pernah dipakai Michael Jordan biasanya menghasilkan banyak uang ketika dilelang. Namun dalam hal ini, pecahan kaca papan pantul inilah yang memberi kesan otentik dalam sepatu tersebut. Menurut data dari Baskettball Network, sepatu Air Jordan 1 "Shattered Backboard" laku senilai 615 ribu dolar Amerika di situs lelang online Christie pada tahun 2020. Padahal situs tersebut memperkirakan sepatu ini bisa laku 850 ribu dolar Amerika. 

Menurut data The Value rekor penjualan sepatu Michael Jordan sebelumnya dipegang oleh Nike Air Jordan 1 yang dikenakan oleh Michael Jordan pada musim 1984-1985. Sepatu tersebut laku 560 ribu dolar Amerika atau setara dengan 8,7 miliar rupiah, pada bulan Mei 2020. Namun rekor ini pecah setelah tiga bulan, karena Air Jordan 1 "Shattered Backboard" laku dilelang dengan harga yang lebih tinggi. 

Rekor yang dibuat oleh Air Jordan 1 "Shattered Backboard", akhirnya pecah pada bulan Oktober 2021, atau lebih dari setahun setelahnya. Sepatu Michael Jordan yang berhasil menempati urutan pertama dalam hal penjualannya adalah Nike Air Ships, yang dipakai selama musim pertamanya bersama Chicago Bulls. Sepatu tersebut dipakai Jordan sebelum mendapatkan Air Jordan 1 dari Nike. 

Sepatu yang dilelang oleh Sotheby tersebut dipakai Michael Jordan pada pertandingan ke-5 NBA musim 1984-1985, tanggal 1 November 1984. Kala itu Chicago Bulls kalah melawan Denver Nuggets dengan skor 129-113. Setelah selesai pertandingan, Jordan memberikan sepatu ukuran 13 tersebut kepada anak bola Denver Nuggets bernama Tommie Tim III Lewis. Dia menyimpannya dengan baik, sampai akhirnya jatuh ke tangan kolektor bernama Nick Fiorella dengan harga 1,47 juta dolar Amerika atau setara dengan 22 miliar rupiah. 

Ini adalah bukti bahwa Michael Jordan bisa disebut sebagai Greatest Of All Time (GOAT), baik di dalam dan di luar lapangan. Dia tetap relevan meski sudah jauh dari permainan basket dan NBA selama beberapa dekade. Sneakers dan perlengkapan bekasnya masih diminati, dan para kolektor melihat barang tersebut berharga dan mempunyai nilai investasi yang tinggi. (*)

Foto: npr.com

Komentar