IBL

Joel Embiid akhirnya memiliki masuk timnas Amerika Serikat di Olimpiade Paris 2014 nanti. Timnas Prancis pun gigit jari. Sebab, mereka telah memberi Embiid kewarganegaraan Prancis pada Juli lalu. Pemain timnas Prancis dan Los Angeles Clippers Nicolas Batum tidak kaget dengan keputusan Embiid tersebut.

Dalam wawancara dengan Sports Illustrated, Batum mengungkapkan ia tidak memiliki banyak waktu meyakinkan Embiid agar bergabung dengan timnas Prancis. Batum dan Embiid hanya sempat berbicara sebentar.

“Pembicaraan itu tidak berhasil. Dia (Embiid) memang datang kepada kami dan meminta kewarganegaraan. Jadi, saat saya mendengarnya, dia mendatangi saya, dan kami membicarakannya. Saya sangat senang menyambutnya di tim dan dia mengambil keputusan terbaik untuknya,” ujar Batum.

Baca juga: Joel Embiid Memilih Bergabung Timnas Amerika Serikat

Batum juga melihat saat ini timnas Prancis memang membutuhkan pemain dalam posisi bigman. Embiid adalah pemain yang tepat untuk mengisi posisi tersebut. Apalagi Embiid merupakan salah satu yang terbaik dan memiliki gelar sebagai MBP NBA 2022-2023.

Tetapi saat mendengar pada akhirnya Embiid memilih timnas AS daripada Prancis, Batum mengaku itu merupakan hal yang wajar. Batum juga tidak menyalahkan Embiid terkait keputusannya tersebut.

Apalagi timnas AS akan diisi deretan pemain hebat di Olimpiade Paris 2024 nanti. Selain Embiid, ada Stephen Curry, LeBron James, hingga Kevin Durant yang siap bermain di bawah asuhan pelatih Steve Kerr.

“Saya tidak terkejut. Saya juga tidak terlalu kecewa dengan hal itu, Sebab, jika dalam posisi penggemar bola basket, ini akan menjadi sesuatu yang luar biasa seperti kita tidak pernah melihat hal itu sebelumnya. Mungkin pernah terjadi pada tahun (Olimpaide) 1992 atau 2008. Tapi ini bukan hal yang sering kita lihat. Penggemar bola basket pasti akan menggila,” kata Batum.

Tentunya Batum akan lebih senang jika setim dengan Embiid. Tapi hal itu gagal terwujud. Dengan atau tanpa Embiid dalam timnas Prancis di Olimpiade tahun depan, Batum melihat ini akan menjadi turnamen yang menarik untuk disaksikan. (rag)

Foto: NBA

Komentar