IBL

Debut internasional Joel Embiid adalah hal yang paling ditunggu. Tetapi pertanyaannya, negara mana yang akan dibela oleh pemain Philadelphia 76ers itu? Sebab, saat ini Embiid memiliki dua kewarganegaraan yaitu Amerika Serikat dan Prancis.

Pada akhir September lalu, Embiid secara resmi mengumumkan bahwa ia menjadi warga negara AS. Tetapi sebelum itu Embiid menjadi pemain naturalisasi Prancis. Prosesnya sudah terjadi pada Juli lalu. Kini Embiid tinggal memiliki berseragam merah, putih, dan biru untuk AS atau untuk Prancis.

Pelatih timnas Prancis Vincent Collet berharap Embiid memilih membela Prancis, meski ia baru saja mendapat status sebagai warga negara AS.

Embiid sendiri mengatakan bahwa masih terlalu dini baginya untuk menentukan pilihan. Sesuai aturan, Embiid pada akhirnya akan menyatakan pada FIBA jika ingin bermain di Olimpiade atau World Cup.

AS dan Prancis memang memperbolehkan status kewarganegaraan ganda. Tetapi untuk bermain di pentas internasional, Embiid harus memilih salah satu dari kedua negara tersebut.

“Sekarang dia (Embiid) memiliki dua kewarganegaraan, dan dia harus memiliki satu kewarganegaraan untuk bermain di bola basket, yang tidak sama. Jadi, itu adalah pilihan. Tidak ada yang bisa melakukan apa pun untuk mengubahnya,” ujar Collet kepada Associated Press.

Dalam Olimpiade Paris 2024, dimana mereka menjadi tuan rumah, Prancis berencana menurunkan tim yang terdiri dari Rudy Gobert, Evan Fournier, Nicolas Batum dan kemungkinan besar calon NBA Draft teratas, Victor Wembanyama. Sebelum itu mereka akan mencoba skuad tersebut di World Cup 2023 mendatang.

Sebenarnya tanpa Embiid, Prancis masih cukup tangguh. Saat ini Prancis memegang medali perak Olimpiade Tokyo 2020 setelah kalah dari AS. Selain itu Prancis meraih perunggu di World Cup 2019 dan perak di EuroBasket 2022 lalu.

Tetapi Collet mengatakan jika mendapat tambahan tenaga dari Embiid, tim tersebut akan lebih baik. Manajer timnas Prancis Boris Diaw sendiri telah menghubungi Embiid untuk membahas beberapa opsi.

“Saya tahu dia bertemu dengan beberapa pemain kami untuk berdiskusi. Saya pikir dia harus bermain dengan kami. Tapi kita lihat saja. Kami akan menghormati apa pun keputusannya,” ujar Collet.

Embiid sendiri merupakan pemain kelahiran Kamerun. Pada 2017 lalu ia sempat dimasukkan dalam roster timnas Kamerun untuk FIBA AfroBasket di Republik Kongo. Namun, Embiid tidak tampil dalam event tersebut. (gil)

Foto: NBA

Komentar