IBL

Joel Embiid seperti menyembunyikan kegiatan selama jeda kompetisi NBA, saat Media Day Philadelphia 7ers . Padahal dia baru saja membuat keputusan yang penting untuk masa depannya. Embiid baru saja diakui sebagai warga negara Amerika Serikat. Sementara selama menunggu proses ini, Embiid berlatih keras dengan pelatih pribadinya, di Beverly Hills, Amerika Serikat. 

Embiid yang berasal dari Kamerun, namun mendapat kewarganegaraan Prancis pada bulan Juli 2022, sebagai pemain naturalisasi. Tampaknya proses tersebut tidak berjalan lancar. Akhirnya Embiid mendapatkan kewarganegaraan Amerika Serikat pada bulan September 2022. Dia resmi menjadi penduduk Philadelphia.

"Saya sudah di sini (Amerika Serikat) untuk waktu yang lama," kata Embiid kepada The Associated Press pada di kamp pelatihan Sixers. "Anak saya orang Amerika. Saya merasa seperti, saya tinggal di sini dan merupakan berkah untuk menjadi orang Amerika. Jadi saya bilang, kenapa tidak?"

Embiid lahir di Yaounde, Kamerun, dari pasangan perwira militer Thomas Embiid dan istrinya, Christine. Embiid kecil menekuni olahraga bola voli dan sepak bola. Bahkan dia berencana menjadi pemain bola voli profesional di Eropa. Tetapi mimpi itu berubah di usia 15 tahun. 

Momen pertemuan dengan Luc Mbah a Moute mengumbah hidup Embiis. Mbah a Monte adalah penduduk asli Yaounde dan juga pernah bermain di NBA. Dengan Mbah a Moute sebagai mentornya, Embiid pindah ke Amerika Serikat pada usia 16 tahun. Embiid mendaftar di Montverde Academy, almamater Mbah a Moute, tetapi dipindahkan setelah tahun pertamanya karena kurangnya waktu bermain. 

Embiid yang berusia 28 tahun lulus dari sekolah menengah Florida dan bermain satu musim di perguruan tinggi di Kansas. Lalu pada tahun 2014, Sixers memilihnya sebagai pemain nomor 3 dalam Draft secara keseluruhan. Kini dia adalah bintang utama Sixers hingga tahun 2027, setelah menandatangani kontrak senilai AS$196 juta. Embiid menjadi wajah dari upaya pembangunan kembali Sixers yang lebih dikenal sebagai "The Process".

Foto: Fast Phily Sports

Embiid telah menjalin hubungan dengan model Brasil Anne de Paula sejak 2018. Pada September 2020, mereka memiliki anak pertama yang diberi nama Arthur, untuk menghormati mendiang saudara laki-lakinya, yang meninggal dalam kecelakaan lalu lintas pada tahun 2014 di Kamerun. Setelah proses perpindahan kewarganegaraan ini selesai Embiid masih dihadapkan pada pertanyaan yang sulit, yaitu peluang membela Timnas Amerika Serikat. 

Pada tanggal 7 Februari 2017, Embiid dimasukkan ke dalam roster timnas Kamerun untuk bersaing di FIBA ​​AfroBasket 2017 di Republik Kongo. Tapi ternyata Embiid juga tidak muncul. Padahal penggemar basket Kamerun sudah menanti penampilannya. Malah yang ada, pada Juli 2022, Embiid diberikan kewarganegaraan oleh Prancis sebagai pemain naturalisasi. Namun dirinya juga tidak bermain untuk Prancis, sampai akhirnya ada kabar soal kewarganegaraan Amerika Serikat. Embiid mencoba meredakan spekulasi dan mengatakan terlalu dini untuk memikirkan Olimpiade atau turnamen internasional lainnya.

"Saya hanya ingin berada dalam kondisi sehat dan memenangkan gelar juara," katanya. 

Foto: nba.com

Embiid, James Harden, Tyrese Maxey, Tobias Harris dan PJ Tucker mungkin membentuk barisan paling kuat di Sixers sejak 2019, dan mereka memiliki peluang untuk bersaing memperebutkan gelar juara NBA. Pelatih Doc Rivers, di musim ketiganya, tahu bahwa Embiid masih memiliki ruang untuk berkembang. Embiid juga membuat rata-rata 11,7 rebound dan 4,2 asis per pertandingan dalam membantu Sixers mencapai semifinal Wilayah Timur untuk tahun kedua berturut-turut. (*) 

Foto: Sixerssense.com

Komentar