IBL

Sixthman of the Year NBA 2019-2020 Monterzl Harrell mendapatkan kontrak dari Philadelphia 76ers senilai AS$5,2 juta dengan durasi dua tahun. Kontrak tersebut seperti kado yang indah setelah dia dibebaskan dari hukuman. Sementara itu, kedatangan Harrell ke Sixers membuatnya reuni dengan Dary Morey, yang pernah mengambilnya dari NBA Draft 2015.

Dikutip dari NBC Sports Philadelphia, kontrak dua tahun dari Sixers itu mencakup opsi pemain di tahun kedua. Penambahan Harrell seperti menyuntikkan kekuatan baru di bangku cadangan Sixers. Menurut data ESPN, kontribusi bangku cadangan Sixers musim lalu ada di peringkat 28 dari 30 tim. Kehadirannya juga membuat posisi penting di Sixers terisi, yaitu pemain yang bisa menggantikan Joel Embiid. 

Sebelum menambahkan Harrell, trio Paul Reed, PJ Tucker dan Charles Bassey menjadi pilihan utama Doc Rivers untuk menggantikan Embiid. Reed ada di daftar pertama, namun naluri mencetak poinnya kurang bagus. Ditambah dengan emosinya yang kurang stabil membuat Doc Rivers merasa kurang nyaman. 

Rivers dan Harrell sudah saling kenal. Produk asli Louisville ini mencetak rata-rata 15,2 poin dan 5,8 rebound selama tiga musim bersama LA Clippers. Dia menjadi salah satu pencetak poin terbanyak dari unit kedua. Sebelumnya Harrell masuk NBA berkat jasa Daryl Morey yang sekarang menjabat sebagai presiden operasi bola basket Sixers. Morrey mengambil Harrell dari Draft NBA 2015 di urutan ke-32. Harrell menghabiskan dua tahun dengan Rockets sebelum pindah ke Clippers. Jadi bergabung dengan Sixers, sekaligus sebagai reuni dengan Morey dan James Harden.

Pada 26 Desember 2021, Harrell dikeluarkan dari permainan setelah bertengkar dengan Embiid. Tapi itu tidak menjadi isu yang diberitakan. Justru malah ada kabar kalau James Harden yang memainkan peran penting dalam merekrut Harrell. Pemain berusia 28 tahun tersebut bermain dengan Hornets musim lalu, dengan rata-rata 11,4 poin dan 4,9 rebound per pertandingan. Catatan ini membuat Harden yakin untuk mengajak Harrell bergabung dengan Sixers. 

Pada bulan Agustus 2022, Harrell ditangkap karena kepemilikan ganja di Kentucky. Dia sudah mengaku bersalah, sehingga dibebaskan dari hukuman dengan syarat tidak terlibat kasus hukum dalam bulan ke depan. (*)

Foto: News and Advance

Komentar