IBL

Joel Embiid telah menentukan pilihan. MVP NBA 2022-2023 itu memilih bergabung dengan Timnas Amerika Serikat di Olimpiade Paris 2024 nanti. Selain AS, Embiid juga memiliki status sebagai warga negara Prancis dan Kamerun.

Kabar tersebut pertama diungkapkan oleh Direktur Eksekutif USA Basketball Grant Hill pada Kamis (5/10) waktu setempat. Lebih cepat lima hari dari batas waktu yang ditetapkan Federasi Basket Prancis yang ingin mendapat jawaban komitmen Embiid.

Tidak lama setelah itu, Embiid mengeluarkan pernyataan resmi melalui media sosialnya. Pemain Philadelphia 76ers itu merasa terhormat bisa memiliki tiga opsi timnas. Meski pada akhirnya ia memilih AS, Embiid tetap menghormati tanah kelahirannya, Kamerun.

“Saya sangat bangga dan antusias mengabarkan hal ini. Memang bukan keputusan yang mudah. Saya merasa terhormat dipanggil oleh timnas Kamerun, Prancis, dan AS. Setelah berbicara dengan keluarga saya, saya tahu saya ingin bermain untuk timnas AS. Saya ingin bermain dengan saudara-saudara saya di liga,” tulis Embiid.

Embiid juga menjelaskan alasan khusus kenapa pada akhirnya ia memilih timnas AS. Tak lain karena putranya, Arthur, yang lahir pada September 2020 lalu. Arthur, nama yang didedikasikan untuk mendiang adik Embiid, lahir di Negeri Paman Sam.

“Namun, yang terpenting, saya ingin mempersembahkan ini untuk putra saya yang lahir di AS. Saya ingin anak saya tahu bahwa saya bermain di Olimpiade pertama saya untuknya,” kata pemain berusia 29 tahun itu.

Bergabungnya Embiid ke timnas AS membuat skuad asuhan Steve Kerr nanti semakin mentereng. Tidak hanya Embiid yang akan melakukan debut di Olimpiade. Stephen Curry juga memastikan diri ingin bergabung dengan AS. Ditambah Kevin Durant, Devin Booker, dan LeBron James yang menyatakan keinginannya untuk kembali berlaga di Olimpiade. (rag)

Foto: NBA

Komentar