IBL

Rumor NBA setelah transaksi tiga tim yang memindahkan Damian Lillard dari Portland Trail Blazers ke Milwaukee Bucks belum selesai. Kabarnya Jrue Holiday yang sekarang berstatus pemain Trail Blazers, tidak diinginkan oleh klubnya. Oleh sebab itu, Trail Blazers membuka peluang bagi tim-tim yang ingin merekrutnya. Los Angeles Lakers dianggap sebagai tim yang berminat mendapatkan Holiday. 

Garda berusia 33 tahun itu pindah dari Bucks ke Trail Blazers dalam transaksi tiga tim yang mengirim Damian Lillard ke Milwaukee. Tetapi ada kemungkinan perjalanan Holiday akan berlanjut. Ada desas-desus yang berkembang bahwa Trail Blazers tidak menginginkan Holiday, meski veteran NBA selama 14 tahun yang terus bermain di level tinggi dalam beberapa tahun terakhir. 

Holiday sudah dua kali terpilih sebagai All-Star dan lima kali All-Defensive, serta  membantu Bucks memenangkan gelar juara NBA pada tahun 2021. Musim lalu, Holiday mendapatkan gelar All-Star keduanya, dengan rata-rata mencetak 19,3 poin dan 7,4 asis dalam 67 pertandingan selama tahun ketiga di Bucks. 

Menurut Anthony Chiang dan Barry Jackson dari Miami Herald, ada beberapa tim yang tertarik merekrutnya, antara lain Philadelphia 76ers, Chicago Bulls, Boston Celtics, Los Angeles Clippers, Miami Heat, dan Los Angeles Lakers. Namun tim terakhir ini yang dianggap sebagai calon kuat jadi pelabuhan berikutnya bagi Holiday.

Diungkapkan oleh Jake Rill dari Bleacher Report, jika Lakers ingin memperkuat backcourt mereka dan memperkuat peluang mereka untuk lolos ke babak playoff musim 2023-2024, maka mereka harus mendapatkan Holiday. Alasannya, LeBron James tidak muda lagi sehingga perlu mengelilinginya dengan sebanyak mungkin pemain berbakat. Roster Lakers akan semakin dalam dengan adanya Holiday.

Masalahnya, Lakers tidak punya banyak aset untuk diperdagangkan, jadi mereka harus rajin bernegosiasi. Karena jika Lakers menemukan cara untuk mendapatkan Holiday dan tetap mempertahankan D'Angelo Russell dan Austin Reaves, maka mereka akan memiliki lini belakang yang tangguh, di tambah duo bintang James dan Anthony Davis.

Lakers perlu mempertimbangkan biaya dan potensi keuntungannya. Apabila harga yang diminta Trail Blazers terlalu tinggi, maka Lakers tidak boleh membayar lebih untuk Holiday. Karena Holiday memiliki opsi pemain senilai 39,4 juta untuk musim 2024-2025. Gaji tersebut akan membebani Lakers di musim berikutnya. 

Meskipun demikian, Lakers masih bisa mendapatkan Holiday dengan syarat harus mau bersedia berpisah dengan satu atau dua pemain bintang, dan beberapa draft pick. Dengan asumsi bahwa kedatangan Holiday mampu meningkatkan peluang tim untuk mencapai babak playoff untuk dua musim berturut-turut. 

Dengan menambahkan Holiday ke tim inti yang sudah menampilkan James dan Davis, Lakers akan menjadi tim yang tangguh. Mereka kemungkinan bisa akan bersaing dengan tim-tim terbaik di Wilayah Barat. (*)

Foto: USA Today

Komentar