IBL

Masa depan Damian Lillard untuk musim 2023—2024 akhirnya terjawab. Dikabarkan oleh The Athletic, rumor pemain yang akrab disapa Dame itu ke Miami Heat akhirnya tak terwujud. Alih-alih ke daerah pantai, Dame justru merapat ke Milwaukee Bucks. 

Portland Trail Blazers berhasil membuat kesepakatan tiga tim bersama Bucks dan Phoenix Suns. Hasilnya, Dame ke Bucks, Blazers mendapatkan Deandre Ayton, Jrue Holiday, Toumani Camara, dan hak pilih serta hak tukar NBA Draft 2028, 2029, serta 2030. Suns sendiri mendapatkan emoat pemain, Jusuf Nurkic, Grayson Allen, Nassir Little, dan Keon Johnson. 

Proses perpindahan Dame memang berlangsung panjang. Meminta ditukar sejak hari kedua Pasar Pemain Bebas (Free Agency) dibuka pada akhir Juni lalu, Dame baru mendapatkan permintaannya saat musim baru hanya berjarak kurang dari satu bulan untuk dimulai. 

Dame yang kini berusia 33 tahun total mengabdi selama 11 tahun di Blazers. Dalam perjalanannya, ia membantu Blazers ke Playoff NBA sebanyak delapan kali. Prestasi terbaiknya dengan Blazers adalah melaju ke Final Wilayah Barat pada 2018-2019. Sayangnya, setelah itu Blazers tak mampu berbicara banyak. 

Puncaknya setelah musim 2020—2021, Blazers membuat perombakan besar, yang lebih menjurus ke arah kekacauan. Tim ini ingin membangun ulang skuad, tapi di sisi lain tampak masih ingin mempertahankan Dame. Dame pun sejatinya ingin bertahan dan siap memberikan segalanya, tapi dua musim berjalan setelah perombakan itu, Dame tampak tak melihat jalan terang hingga akhirnya memutuskan meminta ditukar ke tim lain. 

(Baca juga: Kekacauan di Portland)

Dame menutup musim 2022—2023 dengan performa tajam. Bermain 58 kali, Dame mencetak rataan 32,2 poin per gim yang jadi rataan tertinggi sepanjang kariernya di NBA. Hebatnya lagi, Dame membukukan catatan itu dengan menit yang tidak tertinggi sepanjang kariernya (36,3 menit per gim). Efisiensi Dame luar biasa dengan 56,4 persen. Ia juga menambahkan 7,3 asis per gim. 

Menarik melihat bagaimana Bucks membuat trio terbaru mereka di musim baru. Dame, Khris Middleton, dan Giannis Antetokounmpo. Seberapa jauh Bucks akan melangkah di musim ini? Sanggupkah mereka mengulang gelar juara pada 2021 silam? (DRMK)

Foto:NBA 

 

Komentar