IBL

Piala Dunia 2023 telah berakhir. Jerman menjadi juara. Die Mannschaft (julukan timnas Jerman) meraih gelar pertamanya sepanjang sejarah. Pada laga pamungkas di Mall of Asia Arena, Manila pada Minggu (10/9) itu, Jerman menumbangkan Serbia 83-77.

Penampilan sempurna Jerman tidak lepas dari peran Dennis Schroder yang luar biasa. Pemain yang saat ini membela Toronto Raptors itu mencetak 28 poin pada laga final. Dalam Piala Dunia 2023 ini, Schroder meraih rata-rata 19,1 poin, 6,1 asis, 2,0 rebound, dan 1,4 steal per gim. Membawa Jerman tak terkalahkan dalam 8 pertandingan.

Schroder pun masuk dalam All-Star Team. Dalam daftar tersebur, Schroder ditemani oleh Shai Gilgeous-Alexander, Anthony Edwards, Bogdan Bogdanovic, dan Luka Doncic.

Selama perhelatan Piala Dunia FIBA 2023 ini, Schroder tampil cemerlang. Capaian terbesarnya dengan mencetak 30 poin dan 8 asis saat Jerman menumbangkan Australia di babak penyisihan grup. Ia juga menorehkan dobel-dobel 24 poin dan 10 asis kala membungkam Slovenia di babak kedua.

Ini menjadi dua tahun beruntun Schroder bersinar di ajang internasional. Tahun lalu ia membawa Jerman menempati posisi ketiga EuroBasket. Mantan pemain Los Angeles Lakers itu juga masuk jajaran All-Star EuroBasket 2022.

Dillons Brooks, yang menjadi buah bibir Piala Dunia FIBA 2023 juga mencatatkan namanya sebagai Pemain Bertahan Terbaik. Ia turut membawa Kanada meraih perunggu. Mereka mengalahkan AS melalui babak perpanjangan waktu 127-118 pada perebutan tempat ketiga.

“Beginilah hasilnya jika membiarkan Dillon Brooks bermain. Tidak hanya memainkan sisi offensive. Dia dan Lu (Dort) adalah best perimeter defenders di Piala Dunia,” puji Jordi Hernandez, pelatih Kanada.

Josh Giddey menjadi pemain pertama yang meraih penghargaan Rising Star Award atau Pemain Muda Terbaik. Selama turnamen ini, Giddey mencatat rata-rata 19,4 poin, 6,0 asis, dan 5,0 rebound.

Dalam sejarah Piala Dunia FIBA, hanya ada enam pemain di bawah 22 tahun dengan catatan melebihi itu. Mereka adalah Drazen Petrovic, Wilfredo Ruiz, Kevin Durant, Yao Ming, John Lucas, dan Leo Rautins. (rag)

Selain ketiga pemain tersebut di atas, berikut adalah peraih penghargaan individu lainnya di Piala Dunia FIBA 2023:

Most Valuable Player (MVP)

Dennis Schroder/Jerman/Toronto Raptors

 

Rising Star

Josh Giddey/Australia/Oklahoma City Thunder

 

Pemain Bertahan Terbaik

Dillon Brooks/Kanada/Houston Rockets

 

Pelatih Terbaik

Luca Banchi/Latvia

 

All-Star Team

Dennis Schroder/Jerman/Toronto Raptors

Shai Gilgeous-Alexander/Kanada/Oklahoma City Thunder

Anthony Edwards/AS/Minnesota Timberwolves

Bogdan Bogdanovic/Serbia/Atlanta Hawks

Luka Doncic/Slovenia/Dallas Mavericks

 

All-Second Team

Arturs Zagras/Latvia/Free Agent

Simone Fontecchio/Italia/Utah Jazz

Jonas Valanciunas/Lithuania/New Orleans Pelicans

Nikola Milutinovic/Serbia/Olympiacos

Franz Wagner/Jerman/Orlando Magic

 

Foto: FIBA

Komentar