IBL

Jerman mengamankan kemenangan kedua di Piala Dunia FIBA 2023. Mereka berhasil membekuk Australia 85-82 di Okinawa Arena pada Sabtu (27/8). Dengan hasil ini Jerman hampir pasti lolos ke fase kedua.

Pertandingan berjalan sengit. Di sisa dua detik terakhir, tembakan 2 poin Maodo Lo menutup perlawanan Australia. Josh Gidey kemudian mencoba keberuntungan dengan tembakan dari tengah lapangan tapi gagal.

“Kami mengawali gim dengan bagus. Kemudian dimulai dari kuarter keempat adalah kunci bagi kami. Kami sedikit kehilangan momentum. Tapi tiga menit terakhir di kuarter keempat itu sangat bagus buat kami,” kata Gordie Herbert, pelatih Jerman.

The Boomers (julukan Australia) sedikit lebih unggul dengan akurasi 54 persen dari 32/59 tembakan. Tetapi Jerman terbantu dengan 11/30 tripoin (37 persen) dan 12/15 tembakan gratis.

Lebih dari separuh skor Jerman berasal dari Dennis Schroder dan Maodo Lo. Keduanya mengombinasikan 50 poin. Schroder mencetak 30 poin, 8 rebound, 4 setal. Dengan raihan itu, Schroder menjadi pemain kedua Jerman yang mencetak 30+ poin per gim di Piala Dunia FIBA. Raihan serupa pernah diraih oleh Dirk Nowitzki.

Dari bangku cadangan Maodo Lo membantu dengan 20 poin selama 25 menit. Dalam pertandingan itu, Maodo mencetak 8 tembakan. Ia sempurna dalam tembakan 2 angka (4/4) dan akurasi 50 persen dalam tripoin (4/8).

Patty Mills memberikan 21 poin, 5 rebound, 6 asis untuk Australia. Pemain Atlanta Hawks itu menjadi pemain ketiga yang meraih 300+ poin di Piala Dunia FIBA setelah Andrew Gaze dan Phil Smyth. Kemudian Josh Giddey membantu dengan 17 poin dari 7/17 tembakan.

“Ini kekalahan yang menyakitkan buat kami. Tapi saya bangga dengan bagaimana para pemain memberikan perlawanan. Kami tahu ini akan menjadi gim yang ketat. Ada beberapa hal terjadi dan ini jadi PR kami untuk gim berikutnya,” kata pelatih Australia Brian Goorjian.

Jerman bertemu dengan Finlandia di gim terakhir fase penyisihan grup lusa. Sedangkan Australia berhadapan dengan Jepang. (rag)

Foto: FIBA

Komentar