IBL

Slovenia mengubur harapan Australia untuk lolos ke babak selanjutnya, Jumat (1/9). Pada gim ronde kedua Grup K, Slovenia tampil dominan sejak awal untuk menang 91-80. Slovenia tak sekalipun pernah ada dalam posisi tertinggal. Australia pun hanya sempat menyamakan kedudukan di awal laga, kemudian terus tertinggal. 

"Ini pertandingan yang sulit. Australia datang ke gim ini dengan kewajiban untuk menang, kami pun juga ingin menang," terang Luka Doncic usai gim. "Australia punya banyak pemain bagus. Akan tetapi, saya bangga kepada tim saya. Kami bermain dengan bagus secara tim dan saya senang bisa menang. Australia coba melakukan double team kepada saya hampir sepanjang gim, namun rekan-rekan saya berperan dengan baik," imbuhnya. 

Luka Doncic bermain sesuai standarnya. Selama 29 menit di lapangan, Luka mencetak 20 poin, 7 rebound, dan 6 asis. Menariknya, Luka hanya melepaskan 9 percobaan dan 4 di antaranya berhasil menemui sasaran. Sisanya, sebanyak 10 poin Luka datang dari tembakan gratis (10/11). Mike Tobey akhirnya beraksi. Setelah tak sekalipun mencetak dua digit poin di ronde pertama, hari ini Tobey dobel-dobel 18 poin, 12 rebound, dan 5 asis. Klemen Prepelic dan Gregor Hrovat masing-masing menambahkan 10 poin. 

Dari Australia, Josh Giddey menyumbang 25 poin, 8 rebound, dan 4 asis. Patty Mills coba membantu dengn 17 poin dan 8 rebound. Dante Exum melengkapi daftar melalui 13 poin. Australia secara keseluruhan kesulitan menemukan akurasi mereka. Mereka hanya menembak 33 persen (8/24) dari tripoin dan 44 persen secara keseluruhan (27/62).

"Saya jelas kecewa dengan hasil ini," buka Josh Giddey. "Kami datang ke gim ini dengan kewajiban menang untuk lolos ke babak selanjutnya tapi kami gagal. Saat Anda memulai laga dengan lambat melawan tim bagus seperti Slovenia dan Jerman, laga akan menjadi sulit. Anda terus berada di posisi mengejar dan itu tidak akan pernah bagus. Saya kecewa, ini mengecewakan," tutupnya. 

Dengan rekor (2-2) yang dimiliki, Australia dipastikan tak bisa lolos ke babak selanjunya karena Jerman dan Slovenia masing-masing sudah mengoleksi empat kemenangan (4-0). Australia akan berhadapan dengan Georgia di laga selanjutnya, laga yang akan berpengaruh ke peringkat akhir keduanya di Pial Dunia FIBA 2023. Jerman dan Slovenia dipastikan lolos ke perempat final yang akan digelar di Mall of Asia Arena, Filipina. 

Ini adalah ronde kedua. Dua tim teratas dari ronde pertama lolos ke sini dan bergabung dengan dua tim teratas dari grup sebelahnya dalam satu grup baru. Masing-masing tim bermain dua kali di grup ini (melawan tim dari grup sebelahnya saja). Nantinya, dua tim teratas akan lolos ke perempat final. (DRMK)

Foto: FIBA

Komentar