IBL

Australia merebut tiket ronde kedua dari Jepang. Dalam pertandingan penentuan runner up Grup E itu, Australia mengalahkan Jepang 109-89 di Okinawa Arena pada Selasa (29/8). Australia berhak menemani Jerman di ronde kedua di Grup K.

“Pertandingan yang penting karena kami harus merebut kemenangan. Kami memberi tekanan dan bermain dengan gigih. Kami harus mempertahankan momentum ini dan bermain agresif di gim berikutnya,” kata Patty Mills.

Dobel-dobel Josh Giddey dan Xavier Cooks membuat Australia mendominasi Jepang sejak tepis mula. Australia membangun keunggulan hingga 27 poin (65-38) awal kuarter ketiga. The Boomers (julukan Australia) melaju relatif nyaman hingga akhir.

Dalam pertandingan tersebut, Giddey mencetak 26 poin dan 11 asis. Pemain Oklahoma City Thunder itu mencatat 10/18 tembakan dalam 30 menit. Cooks sendiri membantu dengan 24 poin dan 16 rebound. Nick Key menyumbang 13 poin. Patty Mills dengan 11 poin dan 9 asis.

Jepang sendiri berusaha memberi perlawanan dengan melepas 10/33 tripoin. Joshua Hawkinson memimpin dengan 33 poin dan 7 rebound. Yuta Watanabe tampil selama 37 menit memberikan 24 poin dan 7 rebound. Yuki Togashi berkontribusi dengan 14 poin dan 7 asis.

“Jerman dan Australia adalah tim yang hebat. Kekuatan dan kemampuan mereka sedikit memberi pukulan kepada kami dan membutuhkan beberapa waktu untuk penyesuaian. Saat bermain melawan Jerman dan Australia, saya rasa waktu 40 menit tidaklah cukup,” ungkap Tom Hovasse, pelatih Jepang.

Jepang akan melanjutkan ke penentuan peringkat 17-32. Mereka masuk Grup O bersama Finlandia. Dalam grup tersebut juga akan dihuni oleh dua peringkat terbawah Grup F yaitu Venezuela dan Gregoria atau Tanjung Verde. (rag)

Foto: FIBA

Komentar