IBL

Australia membuka perjalanan mereka di Piala Dunia FIBA 2023 dengan kemenangan, Jumat (25/8). Berhadapan dengan Finlandia di Grup E, Australia menang 98-72. Sepanjang milenium baru, Australia hanya pernah kalah sekali dari empat laga pembuka mereka. Di 2019, Australia berhasil menyapu bersih seluruh laga grup mereka.

Finlandia sejatinya masih memberikan perlawanan di awal laga. Mereka bahkan sempat unggul delapan poin. Namun di kuarter dua, Australia bangkit dan langsung mengamuk dengan mencetak 28 poin. Setelahnya, Australia tak pernah mencetak kurang dari 25 poin di dua kuarter selanjutnya. 

"Saya rasa Finlandia bermain bagus di awal. Merekan jauh lebih siap di gim ini dari kami sejak awal. Mungkin baru di pertengahan kuarter dua kami mulai menemukan ritme kami," terang Josh Giddey, bintang muda Australia. "Kami berhasil mematikan tembakan mereka dan sebaliknya menemukan sentuhan kami. Momentum di kuarter dua ini sangat penting untuk kemenangan kami hari ini," pungkasnya.

Patty Mills masih menjadi mesin poin utama Australia. Bermain hanya 29 menit, Mills mencetak 25 poin, 8 rebound, dan 4 steal dari 11/22 tembakan. Memulai debutnya di Piala Dunia, Josh Giddey langsung solid dengan 14 poin, 9 rebound, dan 8 asis. Joe Ingles menambahkan 13 poin sementara Dante Exum melengkapi daftar dengan 10 poin. 

Perlawanan Finlandia dipimpin oleh bintang mereka, Lauri Markkanen dengan 19 poin, 8 rebound, dan 4 asis. Sasu Salin menjadi bantuan terbesar dengan 13 poin. Salin adalah satu-satunya pemain yang pernah merasakan atmosfer Piala Dunia. Ia pernah bermain di Piala Dunia 2013. 

"Pertama, selamat untuk Australia. Mereka sungguh menunjukkan bagaimana mereka adalah salah satu tim unggulan di turnamen ini dengan permainan mereka," tutur Lassi Tuovi, kepala pelatih Finlandia. "Saya rasa kami masih bisa bangga melihat apa yang kami berikan sepanjang gim. Saya ucapkan selamat kepada para pemain saya. Ini adalah perjalanan panjang dan saya harap mereka bisa bangkit di gim selanjutnya."

Lusa, Australia akan melakoni gim kedua mereka dengan melawan Jerman. Finlandia di lain sisi akan jumpa tuan rumah, Jepang. (DRMK)

Foto: FIBA

Komentar