IBL

Jerman adalah juara Piala Dunia FIBA 2023! Kepastian ini mereka dapatkan setelah mengalahkan Serbia di final dengan skor akhir 83-77. Ini adalah gelar juara pertama Jerman di Piala Dunia FIBA. Mereka juga meraih juara ini tanpa sekalipun terkalahkan (8-0). Dalam lima gelaran terakhir, juara Piala Dunia FIBA selalu tak terkalahkan sama sekali sepanjang turnamen. 

Jerman adalah negara ketujuh dalam sejarah FIBA yang berhasil meraih gelar juara. Mereka juga adalah negara Eropa keempat yang meraih gelar juara. Jerman menyusul Spanyol sebgai debutan final yang meraih gelar juara pada 2006. 

Kedua tim masih berimbang di paruh pertama, benar-benar imbang 47-47. Di paruh kedua, pertahanan Jerman berubah dengan drastis. Mereka membaca serangan Serbia dengan baik hingga Serbia hanya mencetak 10 poin. Sebaliknya, serangan Jerman melalui Johannes Voitmann, Dennis Schroder, dan Franz Wagner menghasilkan 22 poin. 

Jarak 12 poin ini yang jadi modal penting Jerman mengarungi kuarter empat. Tak memulai kuarter empat dengan baik, Jerman berhasil bertahan setelah tiga nama di atas mematikan momentum bangkit Serbia. 

Jerman Juara Piala Dunia FIBA 2023!                                            Jarak kemenangan 6 poin jadi yang tertipis sejak 1998

 

Pun demikian, Serbia sendiri yang akhirnya berhasil menemukan celah di menit akhir gim. Dua kali tembakan Marko Guduric memangkas jarak menjadi dua poin. Namun, 18 detik setelahnya, Schroder menyerang Aleksa Avramovic dan mengembalikan jarak ke empat poin.

Mendapatkan kesempatan menyerang setelah timeout, kepala pelatih Serbia, Svetislav Pesic coba mencari tripoin. Tembakan Avramovic meleset, namun rebound jatuh ke Nikola Jovic. Jovic langsung menggeser bola ke Guduric yang disayangkan justru membuat turnover setelah umpannya meleset. Turnover ini mengubur harapan Serbia untuk mengejar. 

Schroder menutup laga sebagai top skor dengan 28 poin. Bermain 34 menit, Schroder memasukkan 9/17 tembakan. Ia pun dinobatkan sebagai pemain terbaik (MVP) Piala Dunia FIBA 2023. Catatan 28 poin ini menyamai poin terbanyak kedua oleh satu pemain di final yang ditorehkan Kevin Durant pada 2010. Poin terbanyak di final sepanjang sejarah adalah 29 poin oleh Anatoly Myshkin. 

Franz Wagner yang terpilih sebagai pemain terbaik gim ini juga tampil brilian dengan 19 poin dan 7 rebound. Ia memasukkan 10/11 tembakan gratis yang mana jadi tembakan gratis masuk terbanyak dalam 30 tahun terakhir. Johannes Voigtmann melengkapi daftar dengan 12 poin dan 8 rebound. 

"Rasanya sangat luar biasa bisa menjadi juara Piala Dunia FIBA 2023," terang Isaac Bonga yang bermain selama 18 menit kepada kami usai gim. "Kami menjalani semuanya bersama. Naik-turun perjalanan tim ini sejak 2021 dan akhirnya kami berhasil menjadi juara dengan tak terkalahkan. Ini luar biasa, semua memainkan perannya dengan baik," imbuhnya. 

Di kesempatan terpisah, garda Jerman, Maodo Lo, juga menyatakan pentingnya gelar ini untuk basket Jerman. "Ini bukan olahraga utama di negara kami, ada sepak bola. Namun, kami secara konsisten membangun olahraga ini untuk lebih baik dan lebih dikenal. Kami ingin juara di sini, kami tahu itu sejak awal dan kami semakin kuat meyakininya setelah mengalahkan Amerika Serikat. Kami tidak mau kalah di final," tandasnya. 

Jerman Juara Piala Dunia FIBA 2023!                          Sebelum final, Serbia tak pernah tertinggal sampai 10 poin di edisi kali ini

Aleksa Avramovic melanjutkan performa apiknya dengan 21 poin. Ia adalah pemain cadangan kedua dalam sejarah FIBA yang mencetak 20+ poin. Bogdan Bogdanovic menambahkan 17 poin dan 5 asis sementara pemain baru Philadelphia 76ers, Filip Petrusev melengkapi daftar dengan 10 poin. 

Kesulitan Serbia sendiri dimulai sejak awal. Baru dua menit laga berjalan, salah satu pilar mereka, Ognjen Dobric, mengalami cedera engkel dan tak bisa melanjutkan gim. Sebelum cedera, Ognjen adalah pemain yang ditugaskan menjaga Schroder. 

Begitulah liputan Piala Dunia FIBA 2023 oleh Mainbasket. Seiring berakhirnya Piala Dunia 2023, kami ingin mengucapkan terima kasih kepada semua pembaca yang membaca tulisan kami selama gelaran. Mohon maaf jika masih banyak yang kurang, semoga kami bisa terus lebih baik. Terima kasih juga kepada para sponsor, Aza by Jackson dan DOSS Camera & Gadget yang membantu kami! (DRMK)

Foto: FIBA

Komentar