IBL

Mantan bintang San Antonio Spurs asal Prancis, Tony Parker meyakini bahwa Victor Wembanyama sudah berada di tempat yang tepat. Parker melihat masa depan Wembanyama lebih cerah di bawah asuhan Gregg Popovich. Ditambah lagi, pemain yang tampil 17 musim bersama Spurs ini mengaku senang karena Wembanyama meneruskan tradisi Spurs dan Prancis. 

"Saya tahu dia ingin ke San Antonio. Jadi rasanya seperti takdir, karena koneksi Spurs dengan Prancis telah kami bangun selama bertahun-tahun. Dan, dia mempertahankan tradisi ini. Sangat keren," kata Parker, kepada Associated Press, Jumat (23/6). 

Parker bermain untuk Spurs selama 17 musim dengan empat gelar NBA, pada tahun 2003, 2005, 2007, dan 2014. Tentunya dia mengenal tim ini luar-dalam. Wembanyama sudah menunjukkan kualitasnya bersama Metropolitans 92. Sehingga banyak yang berekspektasi tinggi terhadapnya ketika tampil di NBA. Namun menurut Parker, Spurs adalah tempat yang tepat untuk menempa ketrampilannya. 

"Kita tidak pernah melihat seorang pemain setinggi dia bisa melakukan tembakan akurat, memiliki ketrampilan melantun bola, dan cara bermain yang berbeda. Saya tidak sabar untuk melihatnya bermain dengan Spurs," imbuh Parker. 

Foto: iheart.com

Parker juga menyampaikan saran kepada Wembanyama untuk tidak peduli pada tekanan dan ekspektasi. Karena setelah membuat rekor 22 kali tampil di playoffs, Spurs gagal lolos ke playoffs dalam empat musim terakhir. Ini menjadi rekor terburuk Spurs dalam 50 tahun perjalanan klub. Parker percaya bahwa kedatangan Wembanyama akan membantu membangun kembali tim yang kompetitif. Tapi dia tidak boleh terbebani dengan ekpektasi tersebut. 

"Ini langkah pertama yang bagus," katanya. "Memenangkan gelar juara di NBA adalah hal tersulit yang harus dia lakukan. Jadi dengan Spurs, kami memiliki banyak pekerjaan untuk mencoba membawa bagian-bagian yang cocok dapat bersaing untuk mendapatkan gelar juara."

Terakhir, ketika Wembanyama naik ke puncak performanya, maka akan menguntungkan Prancis. Parker adalah MVP FIBA Eropa 2013 dan 2014. Dia ingin melihat timnas Prancis kembali berjaya, dan lebih kompetitif di kompetisi internasional. Khususnya dengan kehadiran Wembanyama. (*)

Foto: 20mn.fr

Komentar