IBL

Jumat (19/5), waktu setempat, Miami Heat memanas! Memainkan Gim 2 masih di kandang Boston Celtics, Heat tampil luar biasa di enam menit terakhir dan kembali meraih kemenangan 111-105. Heat akan membawa keunggulan 2-0 pulang ke Miami. 

Di enam menit terakhir, Heat mengambil momentum. Tepatnya setelah tripoin Grant Williams yang membuat Celtics unggul sembilan poin. Heat seolah tersulut dengan situasi itu dan berbalik memburu poin demi poin di hadapan Celtics.

Jimmy Butler, Bam Adebayo, Duncan Robinson, dan Gabe Vincent terus menggempur pertahanan Celtics. Sebaliknya, Celtics tak menemukan banyak celah di pertahanan zona 2-3 yang dilakukan dengan sangat disiplin oleh Heat. Hasilnya, Heat melaju 24-9 untuk memenangkan gim. 

Sorotan kembali tertuju kepada Celtics. Sekali lagi, Celtics bermain cukup baik. Jika di Gim 1 mereka tampil apik di tiga kuarter, hari ini mereka bahkan cukup solid dalam 42 menit pertandingan, terlepas dari Heat sempat unggul di paruh pertama. 

Namun, masalah kembali terlihat di saat-saat genting. Celtics seolah tak tahu bagaimana cara mengamankan gim. Dari sembilan poin yang mereka ciptakan di enam menit terakhir, lima di antaranya datang dari tembakan gratis. Empat poin lainnya datang dari dunk dan layup Grant Williams. 

Celtics total hanya memasukkan 7 tembakan dari 18 percobaan mereka di kuarter empat (39 persen). Jumlah tembakan masuk ini bahkan hanya berjarak sedikit dengan turnover mereka yang mencapai empat kali. Catatan hampir mirip terjadi di Gim 1. Celtics memang lebih tajam dengan 8/15 (53 persen), namun mereka membuat turnover lebih banyak dengan 6 turnover. 

Lebih buruk lagi, bintang utama mereka, Jayson Tatum, pun terlihat tak berkutik. Sepanjang dua gim ini, Tatum belum memasukkan satupun tembakan dari permainan terbuka (Field Goal). Hari ini, ia mencetak lima poin di kuarter empat seluruhnya dari tembakan gratis. Di Gim 1, Tatum bahkan tak sekalipun melepaskan upaya tembakan di kuarter empat. 

Situasi ini diperburuk dengan kesulitan yang dialami oleh Jaylen Brown. Dari dua gim ini, Brown mencetak total 38 poin dari 44 tembakan atau setara dengan 0,8 poin per tembakan. Jumlah ini jelas tak cukup untuk mengatrol performa Celtics. 

Tanpa dua bintang utama ini beraksi, Celtics tak memiliki sosok pasti untuk mendulang poin. Grant Williams, Malcolm Brogdon, Derrick White, dan Marcus Smart sangat inkonsisten untuk mendulang dua digit poin, apalagi jika harus mengambil alih gim di saat krusial. 

Celtics wajib menemukan cara untuk mengatasi kebuntuan di akhir laga ini demi memperpanjang nyawa mereka di musim ini. Gim 3 & 4 akan dimainkan di Miami. Jika satu gim lagi hilang, sulit rasanya melihat Celtics kembali menang setelah ketinggalan 0-3. (DRMK)

Foto: NBA

Komentar