IBL

Tim nasional (timnas) Indonesia melakukan pemusatan latihan menjelang FIBA Asia Cup 2023. Dalam pemusatan latihan ini, ada perubahan dari susunan pelatih. Tri Hartanto menjadi pelatih baru menggantikan Raoul Miguel Hadinoto. Sebelumnya Tri Hartanto merupakan asisten pelatih Tangerang Hawks.

Dalam keterangan resmi Perbasi pada Rabu (22/3), Ketua Umum Danny Kosasih menjelaskan bahwa manajemen sebelumnya mengundurkan diri. “Pak James Winson mengundurkan diri. Setelah kakaknya meninggal, dia ingin fokus mengurus perusahaan keluarga. Kami harus bergerak cepat menghadapi situasi ini,” kata Danny.

Perbasi lalu menunjuk Ardika Rama Putra sebagai general manajer baru. Kemudian posisi manajer ditempati oleh Alfa Hari Kusumanegara. “Untuk pemilihan Coach Tri, karena yang bersangkutan sudah terlibat aktif dari manajemen sebelumnya. Jadi, agar ada keberlanjutan dari program sebelumnya,” lanjut Danny.

PP Perbasi memanggil enam pemain. Ada Rio Disi, Avan Seputra, dan Randy Ady Prasetya, yang menjadi bagian dari 15 pemain yang masuk seleksi pertama pada Desember lalu. Sedangkan Agus Salim, Muhamad Reza Guntara, dan Ikram Fadhil merupakan pemain yang baru dipanggil dalam pemusatan latihan ini.

Baca juga: Ikuti FIBA 3x3 Asia Cup 2023, Indonesia Bersaing dari Babak Kualifikasi

Pemusatan latihan dilaksanakan mulai Kamis (23/3) di Playfield Palmerah Basketball Court, Jakarta. Mereka akan bersiap untuk menghadapi FIBA Asia Cup 2023 yang akan berlangsung pada 29 Maret-2 April mendatang di Singapura.

Pada FIBA Asia Cup 2023 nanti, Indonesia akan memulai perjuangan dari babak kualifikasi. Tim Merah Putih akan bersaing dengan Sri Lanka, Tahiti, dan Taiwan. Jika bisa lolos, Indonesia akan masuk Grup A bersama Singapura dan Mongolia.

Perbasi menargetkan Indonesia bisa lolos kualifikasi dan berlaga di babak utama FIBA Asia Cup 2023. “Kami mohon dukungan, dengan persiapan singkat setelah jeda IBL ini. Kami berharap bisa membawa hasil maksimal selain sebagai uji coba ke SEA Games nanti,” imbuh Danny. (rag)

Foto: IBL

Komentar