IBL

Timnas Indonesia 3x3 akan beraksi. Mereka akan mengikuti FIBA 3x3 Asia Cup 2023. Sebelum mengikuti putaran final, Tim Merah Putih harus mengikuti babak kualifikasi terlebih dahulu. Event tersebut akan berlangsung pada 29 Maret-2 April mendatang di Singapura.

Dalam babak kualifikasi, Indonesia bersaing dengan Taiwan, Sri Lanka, dan Tahiti. Hanya juara grup yang bisa lolos ke putaran final. Jika bisa lolos babak kualifikasi, Indonesia sudah ditunggu di Grup A dengan Mongolia dan Singapura.

“Untuk hasil undian, kami tidak bisa bilang persaingan ini berat atau ringan karena ini 3x3. Persaingan di 3x3 ini tidak bisa diprediksi. Namun, kami akan persiapkan yang terbaik dari strategi maupun komposisi pemain,” kata pelatih Raoul Miguel Hadinoto dalam rilis dari PP Perbasi pada Rabu (22/2) itu.

Timnas 3x3 sudah melakukan persiapan sejak Desember lalu. Mereka sudah melakukan seleksi pemain. Pada pemanggilan awal, ada 15 pemain yang mengikuti pemusatan latihan. Termasuk diantaranya Jamarr Johnson dan Sandy Ibrahim. Keduanya merupakan punggawa Merah Putih di SEA Games 2022 lalu.

Kemudian jumlah itu dipangkas menjadi 11 pemain. Jumlah pemain akan terus diseleksi hingga mereka mendapatkan empat pemain yang akan berlaga di Singapura mendatang. Saat ini para pemain masih berlaga di IBL. Setelah jeda IBL, Timnas 3x3 berencana mengumpulkan para pemain lagi.

“Tentu kami akan segera lakukan pemusatan saat jeda dari liga IBL. Nantinya pasti akan ada pemain tambahan lagi nanti,” kata pelatih yang akrab disapa Coach Ebos itu.

Terkait persaingan di FIBA Asia 3x3 Asia Cup 2023 nanti, Coach Ebos belum bisa banyak bicara. “Semua tim pasti punya peluang yang sama. Jadi, lebih baik kami fokus kepada setiap gim saja. Kami harus menang di semua pertandingan kualifikasi agar bisa ke putaran final,” ucapnya.

Pada FIBA 3x3 Asia Cup 2023 ini juga menjadi debut Coach Ebos di timnas. Sebelumnya posisi posisi itu ditempati oleh Ali Budimansyah. Ia memimpin Indonesia di SEA Games 2019 dan SEA Games 2022. Sebelum menangani Timnas 3x3, Coach Ebos merupakan pelatih West Bandits Solo. (rag)

 

Kualifikasi Grup A

Indonesia

Taiwan

Tahiti

Sri Lanka

 

Grup A

Mongolia, Singapura

 

Kualifikasi Grup B

Selandia Baru

Korea Utara

Turkmenistan

Tonga

Grup B

Jepang, Australia

 

Kualifikasi Grup C

Thailand

Kazakhstan

Samoa

Kaledonia Baru

 

Grup C

Cina, India

 

Kualifikasi Grup D

Malaysia

Iran

Hongkong

Brunei Darussalam

 

Grup D

Filipina, Qatar

 

Foto: PP Perbasi

Komentar