IBL

Hari pertama cabang olahraga basket 3X3 SEA Games 31 Vietnam dimulai hari ini, Jumat 13 Mei 2022. Seluruh gim digelar di Thanh Tri Sport Information and Cultural Center Gymnasium. 

Tim putra 3X3 Indonesia menelan kekalahan 21-15 atas Singapura di laga perdana SEA Games 2022 Vietnam. Indonesia kesulitan membendung komposisi baru Singapura yang berbeda dengan gelaran ABL 3X3 Internasional Champions Cup lalu. Kali ini, Singapura memainkan Delvin Goh, Leon Kwek, Larry Liew, dan Lim Jun Yuan.

Tim putri Indonesia membuka perjalanan dengan melawan tim tuan rumah, Vietnam. Kedua tim turun dengan skuad yang nyaris sama dengan yang turun di ABL 3X3 Internasional Champions Cup. Tercatat hanya Adelaide Callista Wongsohardjo yang tidak turun bermain di Bali.

Bermain cukup solid, Indonesia menang dramatis 19-18 atas tuan rumah Vietnam di gim pertama SEA Games 2022. Indonesia unggul sepanjang laga sebelum Kayleigh Truong menyamakan kedudukan (17-17) di sisa 30 detik gim. 

Indonesia lantas menambah poin melalui offensive rebound dan layup Ayu Sriartha. Vietnam kembali menyamakan kedudukan kali ini oleh Kaylynne Truong. Di sisa tiga detik gim, Kimberley Pierre-Louis melakukan post up dan sebuah hook shot sempurna yang tepat mengakhiri pertandingan. 

Gim kedua berjalan juga berbeda bagi tim putra dan putri Indonesia. Tim putra meraih kemenangan atas Malaysia 20-19 sedangkan tim putri kalah 20-17 atas Thailand. Partai tim putra melawan Malaysia adalah ulangan final ABL 3X3 Internasional Champions Cup.

Kedua wakil Indonesia sekali lagi mendapatkan hasil terbalik di gim ketiga masing-masing. Tim putri bangkit dari kekalahan dengan membekuk Singapura dengan skor sempurna 21-8. Sebaliknya, tim putra harus mengakui ketangguhan tuan rumah dengan skor 22-10. Tim putra hanya sempat unggul di awal gim saja.

Tim putri hanya bertanding tiga kali di hari pertama sedangkan tim putra satu gim lebih banyak. Di gim terakhir, tim putra mengalahkan Filipina dengan skor akhir 15-13. Filipina hampir saja mengejar Indonesia, namun beruntung tembakan gratis Surliyadin berhasil menutup gim dengan kemenangan.

Hasil ini membuat tim putra duduk di peringkat empat klasemen sementara dengan rekor (2-2). Indonesia berada di bawah Thailand, Filipina, dan Vietnam yang tak terkalahkan dalam empat gim mereka. 

Klasemen sementara putri dipimpin oleh Thailand. Warunee Kitraksa dkk. tak terkalahkan di empat gim mereka. Indonesia duduk di peringkat tiga dengan rekor (2-1). Vietnam di atas Indonesia dengan rekor (3-1). 

Esok hari, tim putra akan bermain dua kali, melawan Kamboja dan Thailand. Tim putri akan bermain tiga kali, melawan Malaysia, Filipina, dan Kamboja. Sistem kompetisi 3X3 ini adalah round robin dan mencari empat tim teratas untuk lolos ke semifinal. (DRMK)

Foto: Ariya Kurniawan, Yoga Prakasita

 

 

Komentar