TIMNAS

Hari kedua basket 3X3 SEA Games 2019 Filipina kembali digelar di Fil Oil Flying V Center, San Juan, Metro Manila, Filipina, Senin, 2 Desember 2019. Tim putra dan putri Indonesia menargetkan sapu bersih kemenangan demi mengamankan posisi di semifinal. Dengan sistem round robin, empat tim teratas dari masing-masing nomor berhak lolos ke semifinal. Peringkat satu berhadapan dengan peringkat empat sementara peringkat dua bertemu peringkat tiga.

Sayangnya, harapan tim putri yang di hari pertama gagal meraih kemenangan untuk lolos ke semifinal langsung kandas di partai pertama mereka pada hari kedua. Menghadapi Malaysia, Indonesia tak menunjukkan perbaikan dari hari pertama. Masih terlihat penampilan yang berat dan gagal menemukan jalan keluar dari tekanan lawan. Malaysia mendikte permainan dan memenangi gim dengan skor 13-9.

Kekalahan ini otomatis memupus harapan putri Indonesia untuk lolos ke semifinal. Pasalnya, dua gim sebelum Indonesia bermain, Vietnam berhasil menang atas Myanmar. Vietnam adalah tim yang paling mungkin dikejar jumlah kemenangannya oleh Indonesia (sebelum hari kedua). Namun, dengan kemenangan atas Myanmar, Vietnam sudah mengoleksi dua kemenangan, jumlah yang tak mungkin lagi terkejar oleh Indonesia.

Gim kedua sekaligus terkahir, Indonesia menghadapi Myanmar, laga yang tak menentukan apapun. Mengandalkan pemain naturalisasi, Peyton Witthed, Indonesia untuk kali pertama menang dan berhasil menyentuh angka maksimal 22-11. Peyton sendiri mencetak 13 dari keseluruhan poin Indonesia di gim ini.

Hal berbeda dijalani tim putra. Dijadwalkan bertanding tiga kali hari ini, putra Indonesia hanya butuh dua kemenangan untuk mengunci tempat di semifinal. Sayangnya, di gim pertama, melawan Vietnam, Indonesia justru menelan kekalahan 17-19. Vietnam menunjukkan keunggulan kekuatan fisik yang luar biasa di gim ini. Di sisi lain, akurasi Indonesia yang buruk membuat Vietnam terus berhasil menjaga keunggulan.

Menghadapi Thailand di gim kedua, Indonesia tampil lebih lepas. Dengan akurasi yang kembali membaik dan gaya bermain Thailand yang tidak terlalu mengandalkan kekuatan fisik, Indonesia melaju mulus dengan skor 21-11.

Laju positif di gim melawan Thailand terus dibawa di gim terakhir melawan Malaysia. Surliyadin bahkan membawa Indonesia unggul cepat empat poin tanpa balas di awal gim. Secara bergantian, Rivaldo Tandra, Oki Wira, dan Sandy Ibrahim lantas saling mencetak poin dari jarak jauh. Meski Malaysia tampak hidup kembali di akhir-akhir gim, Indonesia berhasil bertahan dan memenangi gim dengan skor 19-17.

Hasil ini membawa Indonesia lolos ke semifinal sebagai peringkat tiga dengan empat kemenangan dari enam gim yang setara dengan 67 persen persentase kemenangan. Sebagai peringkat tiga, Indonesia akan berhadapan dengan Vietnam di semifinal. Di partai lainnya, Filipina berhadapan dengan Thailand. Semifinal dan final akan digelar hari ini di tempat yang sama. Pastikan anda mendapatkan info terbaru tentang basket 3x3 di website mainbasket.com dan instagram @mainbasket. (DRMK)

Foto: Mei Linda

 

Komentar